Kemenag Kota Bukittinggi Gelar Tahsin Secara Rutin

Salah satu upaya belajar Al-Qur’an yakni dengan mengetahui ilmu tajwid atau tahsin, yang artinya memperindah bacaan Al-Qur’an.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Bukittinggi, H. Eri Iswandi memimpin kegiatan rutin Tahsin Al-Qur’an. Bertempat di Aula Kantor Kemenag setempat. Jum’at, 24 Juni 2022.
Kegiatan dipandu oleh Efrizon dan Zulfabriandi, yang diikuti oleh seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) dilingkungan Kemenag Kota Bukittinggi.

Keutamaan belajar Alquran banyak disebutkan dalam hadits Nabi SAW. Membaca Alquran merupakan amalan ibadah mulia yang mempunyai berbagai keistimewaan. Karena itu, selain wajib bagi tiap muslim, seluruh ASN Kemenag Kota Bukittinggi bersemangat untuk memperdalam ilmu baca Alquran agar bisa membacanya dengan baik dan benar.

Salah satu keutamaan nya yaitu, memperoleh pahala dari setiap huruf yang dibaca.
Sebagaimana hadits Rasulullah SAW:
“Barangsiapa yang membaca satu huruf dari Kitabullah (Al-Qur`an) maka baginya satu kebaikan. Dan satu kebaikan akan dilipat gandakan dengan sepuluh kali lipat. Saya tidak mengatakan “Alif lam mim” itu satu huruf, tetapi “Alif” itu satu huruf, “Lam” itu satu huruf dan “Mim” itu satu huruf” (HR. At-Tirmidzi).

Eri Iswandi menyebutkan, kegiatan Tahsin Al-Qur’an bagi ASN dilingkungan Kemenag Kota Bukittinggi bertujuan untuk memperdalam ilmu tajwid serta menciptakan ketenangan jiwa dalam melaksanakan tugas dan fungsi sebagai ASN Kemenag.

“Kegiatan ini dilaksanakan secara berkelanjutan setiap Jum’at pagi sebelum memulai pekerjaan. Selain memperoleh pahala, ASN menerima ilmu dari pemandu, sehingga mampu membaca Al-Qur’an dengan baik, benar dan enak di dengar”, terangnya.
(Andreas)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *