Festival Gadih Marandang 2023 Bukittinggi, MAN 2 Raih Juara I, MTsN 1 Raih Juara III dan MTsN 2 Raih Performance Terbaik

Bukittinggi, Humas — Pemerintah Kota Bukittinggi melalui Dinas Pariwisata, gelar festival gadih marandang tahun 2023. Event ini dilaksanakan di pelataran Jam Gadang, Kamis (09/03).

ini diikuti oleh 60 peserta siswi perempuan dari utusan sekolah Kota Bukittinggi dan sekitarnya, khususnya siswi SLTP/MTs dan SLTA/SMK/ MA se Kota Bukittinggi. Tingkat SLTP masing-masing sekolah mengirim 2 tim. Sedangkan tingkat SLTA masing-masing sekolah mengirim 1 tim, dengan jumlah anggota 2 orang per tim.

Plt Kepala Dinas Pariwisata Bukittinggi, Aprilia Astuti, menjelaskan, Kegiatan Festival Gadih Minang Marandang 2023 merupakan pengenalan cara memasak rendang kepada remaja putri di Kota Bukittinggi. Menanamkan rasa bangga pada generasi muda terhadap Rendang sebagai kuliner daerahnya yang telah mendunia. Mengembangkan ekonomi kreatif Kota Bukittinggi khususnya sub sektor kuliner.

“Hasil masakan rendang, dinilai dewan juri dari praktisi, akademisi 3. Selain itu, juga ada juri kehormatan, Ketua Dekranasda Kota Bukittinggi, Ketua GOW Kota Bukittinggi, Ketua DW Kota Bukittinggi, Kepala Dinas Pariwisata Kota Bukittinggi dan Ketua Bundo Kanduang Kota Bukittinggi,” jelasnya.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Bukittinggi, H. Eri Iswandi menyampaikan apresiasi terhadap siswa Madrasah Kota Bukittinggi yang turut ikut ambil bagian dalam Festival Gadih Marandang Tahun 2023 yang diadakan Pemerintah Kota Bukittinggi.

“Kami menyampaikan rasa bangga kepada siswa madrasah yang tidak hanya pintar di bidang agama saja, tapi juga bisa bersaing dalam bidang lainnya antara lain juga berprestasi dalam melestarikan dan mewariskan masakan khas Minang membuat rendang sebagai kuliner yang mendunia,” tuturnya,

“Ini juga menjadi salah satu upaya merealisasikan visi menjadikan Bukittinggi hebat berlandasakan Adat Basandi Syara’ Syara’ Basandi Kitabullah. Kita ajarkan generasi muda kita untuk cinta masakan Sumatera Barat, khususnya Rendang. Event ini, juga sekaligus mempromosikan Kota Bukittinggi sebagai Kota Wisata Kuliner yang dapat meningkatkan kunjungan wisatawan ke Kota Bukittinggi,” ungkapnya.

H. Eri Iswandi menambahkan, sebagai generasi muda Minangkabau tentunya terus dituntut untuk melestarikan masakan yang mendunia ini

“Potensi yang ada pada siswa kita di Madrasah hari ini, tentunya ditingkatkan sehingga orang lain bisa merasakan bahwa masakan kita jauh lebih baik,” ujarnya.

Dari hasil penilaian juri, tingkat SLTP, juara 1 diraih oleh SMP 8 Bukittinggi. Juara 2 diraih oleh SMP 6 Bukittinggi Juara 3 diraih oleh MTsN 1 Bukittinggi. Harapan 1, SMP MTsN 6 Kubang Putiah. Harapan 2, SMP 6 Bukittinggi dan Harapan 3 dari SMP 4 Bukittinggi.

Untuk tingkat SLTA, juara 1 diraih oleh MAN 2 Bukittinggi. Juara 2 diraih oleh SMAN 1 Bukittinggi. Juara 3 diraih oleh SMAN 1 Tilatang Kamang. Harapan 1 diraih oleh SMK Gajah Tongga. Harapan 2 diraih oleh SMA 1 IV Koto. Harapan 3 diraih oleh SMA 1 Sungai Pua. (Syafrial)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *