Kemenag Kota Bukittinggi Gelar Pra Manasik Haji Tahun 1440 H/ 2019 M

Bukittinggi, Inmas–Dalam rangka meningkatkan pemahaman dan pengetahuan para jemaaah calon haji saat menunaikan ibadah haji di Tanah Suci Mekah, Kantor Kementerian Agama Kota Bukittinggi melalui Seksi Penyelenggara Haji dan Umrah menggelar kegiatan Bimbingan Pra Manasik Haji.

Kegiatanyang diadakan Rabu, 29/05 di Mesjid Mukhlisin Manggis tersebut untuk mempersiapkan kemandirian jam’ah Haji dalam beribadah di Tanah Suci Makkah Al-Mukarramah dengan menghadirkan nara sumber H. Abrar Munanda (Kakan Kemenag Bukittinggi) dan Tri Andriani Djusair (Kasi Penyelenggara Haji Dan Umrah kemenag Bukittinggi).

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Bukittinggi H. Abrar Munanda menyampaikan bahwa kegiatan ini dilakukan untuk membekali para Jama’ah dengan pengetahuan tentang rangkaian pelaksanaan ibadah haji agar para calon jama’ah haji dapat mempersiapkan diri secara mental maupun materi untuk bisa menjalankan ibadah haji dengan baik dan berhasil.

” Tujuan pembinaan Jama’ah haji ialah untuk terwujudnya haji yang mandiri. Jama’ah haji yang mandiri adalah Jama’ah haji mandiri adalah jemaah haji yang dapat melaksanakan seluruh rangkaian ibadah hajinya secara mandiri tanpa ketergantungan kepada perorangan maupun kelompok, setelah mendapatkan bimbingan paket di Kecamatan dan Kabupaten/Kota, dan atau KBIH,” tuturnya.

Selanjutnya kata H. Abrar langkah-langkah untuk menuju Jama’ah haji mandiri adalah mengikuti bimbingan manasik yang dilaksanakan oleh Kantor Kementerian Agama Kabupaten/Kota dan KUA Kecamatan, mengikuti bimbingan manasik yang dilaksanakan oleh KBIH, menambah wawasan tentang pelaksanaan ibadah haji secara perorangan, membentuk struktur kloter jama’ah berupa, Ketua Rombongan dan Ketua Regu, menjalin silaturrahim yang kuat antar sesama jama’ah dan menguatkan sifat saling tolong-menolong sebagai keluarga besar jama’ah kloter. “Menjaga silaturrahim dan ukhuwah adalah perintah agama yang akan membawa manfaat besar untuk kita, memudahkan urusan, memperpanjang umur dan dapat meluaskan rezeki,” katanya lagi. (Syafrial)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *