Rakor Kehumasan Kemenag RI, Rangkuman Materi Dan Prestasi

Bukittinggi, Inmas–Inspektorat Jenderal Kementerian Agama Republik Indonesia gelar Rapat Kehumasan Bidang Pengawasan Tingkat Kantor Wilayah Tahun 2020 sejak hari Senin sampai dengan Rabu (24 s/d 26) Februari 2020. Bertempat di salah satu hotel yang ada di Kota Depok, JawaBarat.

Rakor kehumasan jilid II tersebut diikuti oleh seluruh Kasubbag Umum dan Humas serta satu Orang pelaksana kehumasan pada Kanwil Provinsi se-Indonesia.

Pada Rakor kali ini, dilakukan pengenalan Kasubbag Umum dan Humas masing-masing Kanwil serta diselenggarakan lomba video profil Kanwil Kemenag se-Indonesia.

Hasil lomba video profil tersebut, menempatkan Kanwil Kemenag Provinsi Sumatera Barat pada urutan ke-lima atau harapan II dari34 Provinsi se-Indonesia. Diharapkan melalui lomba ini, setiap Sub Bagian Umum dan Humas Kanwil bisa menghasilkan satu produk video profil setiap bulannya.

Mengawali kegiatan, Kasubbbag TU dan Humas Itjend Kemenag RI, Nurul Badruttamam menyampaikan agar setiap kegiatan pengawasan dan pencegahan pada Itjend masing-masing Kanwil untuk diberitakan.

“Humas layaknya tim cyber yang melakukan deteksi dini terhadap adanya pelanggaran yang dilakukan ASN didunia maya, ”ucapnya.

“Diharapkan kepada seluruh Kasubbag di setiap Kanwil untuk menjadi tim analisis nomenklatur yang baru, sehingga dapat diketahui apa yang terbaik untuk Sub Bagian Umum dan Humas,” tegasnya.

Pada sesi kedua, materi disampaikan oleh Staff Khusus Menteri Agama Bidang Hubungan Antar Organisasi Kemasyarakatan, Sosial dan Komunikasi, Ubaidillah Amin Muhammad.

Pria yang lebih dikenal dengan sapaan Gus Ubaid tersebut memaparkan bahwa media sosial bukan untuk dihindari melainkan untuk dikelola dengan baik.

“Media sosial memilik peran penting dalam dunia kehumasan. Informasi yang viral di medsos, tak jarang menjadi menjadi konflik di dunia nyata dan semua orang seolah mudah disulut emosi karena sifat yang kurang personal dan real time,” ujarnya.

“Dalam rangka membersihkan Kemenag dari stigma negatif dibutuhkan peran aktif Humas saat ini,” imbuhnya.

Dalam kesempatan itu, Gus Ubaid banyak berbagi pengalaman mengenai kegiatannya dalam mendampingi Menteri Agama RI Fachrul Razi.

Materi juga disampaikan oleh Kepala Biro Humas Dan Informasi, Suhaili. Dalam paparannya Mantan Kakanwil Lampung tersebut menyampaikan integritas sebagai fokus utama Kemenag dengan tema sinergi dan kolaborasi Humas pusat dan Daerah.

“Lima budaya kerja sebagai pijakan wajib bagi kita di Kementerian Agama, khususnya integritas masih menjadi fokus utama sampai hari ini,” ucapnya.

“Tugas Humas bukan saja menyalurkan informasi keluar, melainkan juga menyampaikan dan mengingatkan  internal agar bekerja sesuai nilai-nilaibudaya kerja yang ada,” imbuhnya.

Rakor tersebut dijadwalkan selesai dan ditutup hari ini. Banyak ilmu, pesan dan kesan serta pengalaman yang dapat diambil dari kegiatan rakor ini, ucap salah satu peserta. (Andreas)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *