Pastikan Pelayanan Sesuai Edaran Dirjen Bimas Islam Terkait Penyebaran Covid-19, Ka. Kankemenag Kota Bukittinggi Kunjungi KUA Kecamatan

Bukittinggi, inmas–Memastikan Alat Perlindungan Diri (APD) dalam melayanani masyarakat di KUA Kecamatan se-Kota Bukittinggi tersedia untuk mencegah penyebaran virus corona sesuai dengan surat edaran Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam (Bimas Islam) Kementerian Agama RI. Kepala Kantor kementerian Agama Kota Bukittinggi H. Abrar munanda mengunjungi KUA Aur Birugo Tigo Baleh dan KUA Kecamatan Guguk Panjang Selasa, 24 Maret 2020.


Pada kesempatan tersebut Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Bukittinggi menyampaikan imbauan aturan pelayanan pencatatan nikah di Kantor Urusan Agama (KUA) dan di luar sesuai dengan edaran Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat. “Kita perlu membatasi jumlah orang yang mengikuti prosesi akad nikah dalam satu ruangan tidak lebih dari 10 orang catin dan anggota keluarga yang mengikuti prosesi harus telah membasuh tangan dengan sabun atau hand sanitizer /memakai sarung tangan serta menggunakan masker,” tuturnya.


Selanjutnya yang tak kalah pentingnya H. Abrar Munanda menyampaikan kepada petugas, wali nikah dan catin laki-laki menggunakan sarung tangan dan memakai masker pada saat ijab kabul. “Kurangi sementara kegiatan yang berpotensi menjalin kontak jarak dekat serta menciptakan kerumunan, selain pelayanan administrasi dan pencatatan nikah di KUA serta selalu memperhatikan alat perlindungan diri seperti masker dan sarung tangan. Mari kita sama-sama berdo’a mudah-mudahan wabah ini cepat berlalu,” katanya lagi.


Saat itu Ka. Kankemenag ini juga mengajak kepada seluruh Jajaran KUA untuk memperhatikan kondisi kesehatan masing-masing serta selalu menjaga kebersihan dengan mencuci tangan secara teratur, terutama sebelum dan setelah makan, setelah menggunakan toilet, setelah menyentuh hewan, membuang sampah, serta setelah batuk atau bersin serta setelah memegang pegangan yang sering di sentuh orang banyak. (Syafrial)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *