Program BIMBAQU Haji Kemenag Bukittinggi Masuk Usulan Kompetisi Inovasi Layanan Publik Kemenpan-RB

Bukittinggi, Humas–Inovasi Bimbingan Baca Al-Qur’an (BIMBAQU) yang digagas Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kantor Kementerian Agama Kota Bukittinggi masuk salah satu usulan Inovasi Layanan Publik yang akan mengikuti Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KIPP KemenPANRB) perspektif Moderasi Beragama tahun 2022.

Bimbingan Baca Al-Qur’an (Bimbaqu) haji Inovasi Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kantor Kementerian Agama Kota Bukittinggi ini masuk 27 Inovasi yang lolos untuk ikut serta dalam Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KIPP KemenPANRB) tahun 2022 usai mengikuti seleksi yang dilakukan Biro Ortala Kementerian Agama RI.

Hal ini di ketahui setelah mengikuti Zoom Meeting Submit Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) Perspektif Moderasi Beragama Tahun 2022. Kamis (14/04/2022).

Hadir Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Bukittinggi H. Eri Iswandi, Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah, Tri Andriani Djusair, Kasi Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren H.Tamrin, Penyelenggara Zakat dan Wakaf  Hj. Misra Elfi dan Tim IT.

Kasi Penyelenggaraan Haji Dan Umrah Kantor Kementerian Agama Kota Bukittinggi, Tri Andriani Djusair menyambut gembira hasil penilaian dan memaparkan bahwa program bimbaqu merupakan salah satu upaya untuk mewujudkan kemandirian jamaah menuju haji yang mabrur.

“Ide untuk melaksanakan program bimbaqu ini berawal dari hasil evaluasi yang dilakukan oleh tim pembimbing ibadah haji Kota kloter 9 embarkasi padang tahun 2019. Dari hasil evaluasi tersebut masih ada jemaah kita yang belum mamaksimalkan waktu di tanah suci untuk beribadah, zikir membaca Al Qur’an dan berdoa bermunajat kepada Allah SWT disebabkan jama’ah belum bisa membaca Al Qur’an,” jelasnya.

Program ini  kata Tri juga mendukung program Berantas Buta Aksara Al Qur’an untuk jemaah haji. “Program bimbaqu juga diintegrasikan dengan bimbingan ibadah mulai dari bersuci, bacaan dan gerakan shalat dan lain sebagainya. Program Bimbaqu juga berkontribusi terhadap capaian tujuan pembangunanan berkelanjutan pilàr pendidikan dengan target pendidikan berkualitas mendukung kesempatan untuk belajar sepanjang hidup untuk semua orang tanpa kecuali,” tegasnya.

Secara terpisah, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Bukittinggi H. Eri Iswandi mengucapkan selamat atas lolosnya program Bimbaqu Haji Kantor Kementrian Agama Kota Bukittinggi mengikuti Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KIPP KemenPANRB) tahun 2022.

“Alhamdulillah ini berkat kerja keras dari teman-teman semua sehingga layanan inovasi publik Bimbaqu Haji lolos seleksi untuk mengikuti Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik yang dilakukan Kemenpan RB. Dengan hasil ini jangan membuat kita lekas berpuas diri, karena perjuangan kita di depan masih panjang mengikuti kompetisi bersama seluruh Kementerian, berbagai Dinas, Instansi, dan BUMN pada KIPP KemenPANRB,” tutur H. Eri Iswandi yang baru memimpin Kemenag Kota Bukittinggi ini. (Syafrial)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *