Tingkatkan Layanan Haji, Kemenag Bukittinggi Bersama Memberikan Informasi dan Edukasi

Bukittinggi, Humas–Kantor Kementerian Agama Kota Bukittinggi melalui Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah mengelar Overviu Penyelenggaraan Ibadah Haji Tahun 1443 H/2022 serta Koordinasi dan Penyebaran Informasi Haji “ADVOKASI HAJI Tahun 2022, menghadirkan narasumber Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat, H. Ramza Husmen secara langsung serta Ketua Forum Komunikasi Alumni Petugas Haji Indonesia (FKAPHI), H. Mahmudi Affan Rangkuti melalui virtual (Zoom Meeting), Kamis (22/09/2022) di Hotel Sultan Syari’ah PariK Putuih Kabupaten Agam.

Kegiatan tersebut di ikuti 25 orang peserta yang terdiri dari Bagian Kesra Pemko, Kepala Dinas Kesehatan, pimpinan BPS BIPIH, Pembimbing Ibadah Haji, Ketua Kelompok  Penyuluh (Pokjaluh), Asosiasi Penghulu Republik Indonesia (APRI) Kota Bukittinggi dan Unsur Kementerian Agama Kota Bukittinggi.

Kasi Penyelenggara Haji dan Umrah Kantor Kementerian Agama Kota Bukittinggi, Hj. Tri Andriani Djusair dalam laporannya menyampaikan. “Kegiatan advokasi haji ini diselenggarakan dengan tujuan untuk melakukan evaluasi, identifikasi, pemetaan penaganan masalah masalah haji khususnya di Kota Bukittinggi. Sehingga dengan kegiatan ini kita dapat memberikan layanan, perlindungan dalam dimensi informasi dan edukasi terhadap jema’ah dan masyarakat,” jelasnya.

Selanjutnya kata Hj. Tri Andriani Djusair Advokasi haji tidak hanya hadir saat ada persoalan tapi juga bersifat preventif.
“Melalui kegiatan ini kootdinasi, komunikasi, saling berbagi informasi antar stakeholder dalam upaya peningkatan layanan, pembinaan, perlindungan terhadap jemaah haji Kota Bukittinggi,” jelasnya lagi.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Bukittinggi, H. Eri Iswandi dalam sambutannya menyampaikan ucapan terimakasih kepada narasumber dan tamu undangan yang sudah berkenan seperti bagian kesra yang langsung dihadiri bapak Harmezi selaku Kabag kesra, Ibu Linda Feroza Kepala Dinas Kesehatan, Pimpinan BPS BIPIH se-Kota Bukittinggi dan tamu undangan lainnya.

“Kami menyampaikan apresiasi dan ungkapan terimaksih atas kerjasma yang sudah terjalin selama ini. Masih banyak  yang harus kita kerjakan bersama dari hasil evaluasi yang sudah dilakukan. Dengan semangat dan kebersamaan  catatan-catatan untuk perbaikan akan dapat kita laksanakan dengan baik dalam melayani para tetamu Allah,” tuturnya.

H. Ramza Husmen, Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat dalam materinya menyajikan overview Pelaksanaan Haji tahu 2022, mulai dari persiapan, pemberangkatan, selama di Tanah Suci dan Kembali ke tanah air. Dari gambaran yang disampaikan akan ada tindak lanjut perbaikan dan penyempurnaan oleh pemerintah kita.

“Mari kita melayani  jema’ah para tamu Allah dengan hati dan sepenuh hati . Semoga  pelayanan, bimbingan yang kita lakukan di redhai Allah SWT,” ajaknya.

H. M Affan Rangkuti dengan materinya Komunikasi Informasi dan Edukasi bagi pegiat haji menyampaikan beberapa tenatik tentang haji, antara lain Haji ditinjau dalam perspektif Historis, ditinjau dalam perspektif Ritus, ditinjau dalam perspektif Moderasi Beragama, ditinjau dalam perspektif Pengabdian Sosial kemasyarakatan

Affan juga menyampaikan “Ada tiga skenario manasik haji yaitu Bimbingan manasik haji untuk jema’ah reguler yang akan berangkat di tahun berjalan, Penyuluhan tentang haji bagi jemaah witighlist 2 tahun  pemberangkatan, Sapa Jemaah untuk jemaah haji waitinglist di atas 3 tahun dan untuk calon jemaah haji (masyarakat ).  Untuk tiga hal ini kami menghimbau kepada seluruh pegiat haji baik lintas Lembaga Pemerintah atau non pemerintah untuk ikut bersama mencerdaskan kehidupan haji,” katanya lagi.

Terakhir Affan meminta untuk bersinergi dalam mengimplementasikan tiga protokol haji ( menjaga Rafas Fusuk dan Jidal ) dengan Bingkai Taqwa, sehingga dapat menghadirkan wajah Allah di muka bumi. ,(Syafrial)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *