Bimtek Peningkatan Kapasitas Pejabat Kepenghuluan Dalam Fungsi Mediasi Perkawinan dan Keluarga Resmi Ditutup, Kasubdit Harap Lahir Mediator Ulung

Bukittunggi, Humas–Kegiatan Bimbingan Teknis Peningkatan Kapasitas Pejabat Kepenghuluan Dalam Fungsi Mediasi Perkawinan dan Keluarga yang diadakan Direktorat Bina KUA dan Keluarga Sakinah Dirjen Bimbingan Masyarakat Islam Kemenag RI kerjasama dengan BP4 Pusat di Hotel Grand Royal Denai Bukittinggi secara resmi ditutup.

Penutupan Kegiatan yang di ikuti 54 orang Kasi Bimas, Penghulu dari Provinsi Sumatera Barat dan Riau ini oleh Kasubdit Bina Kepenghuluan dan Keluarga Sakinah, Anwar Sa’adi, Kamis malam (22/06)

Dalam sambutannya Anwar Sa’adi menyampaikan apresiasi atas antusiasme peserta mengikuti kegiatan tersebut. “Kami memberikan apresiasi atas antusiasmenya dalam mengikuti kegiatan ini. Mudah-mudahan apa yang didapat dalam proses Bimbingan Teknis ini bisa di praktekkan di tempat masing-masing dalam memberikan layanan khususnya terkait BP4,” tuturnya.

Selanjutnya Kasubdit Bina Kepenghuluan dan Keluarga Sakinah, Anwar Sa’adi mengatakan kegiatan Peningkatan Kapasitas Penghulu ini dilaksanakan dengan harapan dapat melahirkan mediator-mediator ulung dari kalangan penghulu yang bisa membantu hakim di Pengadilan Agama dalam memediasi pertikaian atau perkara rumah tangga.

“Kedepan kita berharap bapak Penghulu nantinya dapat menjalankan fungsi mediasi yang benar-benar meyakinkan agar disharmoni suatu rumah tangga tidak berujung perceraian di Pengadilan Agama. Bisa menjalin kerjasama dengan Mahkamah Agung untuk menjadi mediator-mediator di Pengadilan, apalagi KUA Kecamatan sudah akan menjadi Pusat Pelayanan Keagamaan,” katanya lagi

“Penyelesaian melalui Pengadilan kalau bisa itu menjadi pilihan terakhir sebagai Penghulu mestinya kita mampu melakukan mediasi yang benar-benar meyakinkan agar tidak berujung perceraian. Penghulu dan kita semua selaku insan Kementerian Agama harus menjadi garda terdepan menjaga keharmonisan keluarga Indonesia. Mari sebarkan ilmu yang didapatkan dalam Bimbingan Teknis ini kepada orang lain ” ajak Kasubdit ini. (Syafrial)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *