Kakan kemenag Buka Bimtek Implementasi Kurikulum Merdeka Layanan SKS MTsN 1 Bukittinggi

Bukirtinggi, Humas–Dalam rangka upaya mempersiapkan program Satuan kredit semester (SKS), MTsN 1 Bukittinggi gelar Bimtek Implementasi Kurikulum Merdeka Layanan SKS (Sistem Kredit Semester) menghadirkan narasumber Arif Ridho, S.Sos dan Rahmi Yulianti dari Direktorat Kurikulum, Sarana, Kelembagaan, dan Kesiswaan Madrasah Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI.

Kegiatan Bimtek yang di selenggarakan selama 2 Hari (12-13 Oktober 2023) di Aula MAN 1 Bukittinggi ini di ikuti seluruh Tenaga Pendidik dan Kependidikan MTsN 1, dibuka langsung Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Bukittinggi H. Eri Iswandi didampingi Kasubbag Tata Usaha sekaligus Plt Kasi Pendidikan Madrasah, Hj. Tri Andriani Djusair.

Kakan Kemenag Kota Bukittinggi H. Eri Iswandi dalam sambutannya menyampaikan “Untuk melaksanakan program pendidikan di madrasah yang cenderung bersifat dinamis, Kementerian Agama Kota Bukittinggi akan melaksanakan kolaborasi madrasah terpadu yang merupakan sinergi antara MIN, MTsN,MAN. Dimana estimasi percepatan estimasi pendidikan sebagaimana Program SKS ini dapat dilaksanakan dengan berkesinambungan dan didukung pula dengan sarpras dan transfomasi digital yang tengah digiatkan di Kementerian Agama umumnya dan Madrasah khususnya,” tuturnya.

Kata H. Eri Iswandi lagi Program SKS merupakan bentuk penyelenggaraan pendidikan pada satuan pendidikan yang dirancang untuk memberikan layanan pendidikan yang memungkinkan peserta didik dapat menyelesaikan keseluruhan beban belajar sesuai dengan bakat, minat, kemampuan, dan kecepatan belajarnya. memiliki berbagai program unggulan dan memiliki peserta didik dengan beragam potensi, bakat dan minat, memiliki SDM yang kompeten, sarana dan prasarana yang memadai, serta dukungan masyarakat yang tinggi.

“Oleh karena itu sangat tepat MTsN 1 dan MAN 1 Bukittinggi untuk menyelenggarakan Program SKS sebagai upaya inovatif dalam memberi layanan pendidikan yang bermutu kepada peserta didik. Insya Allah Tahun 2023/2024, MTsN 1 dan MAN 1 Bukittinggi mengimplementasikan layanan pendidikan berupa Sistem Kredit Semester (SKS). Tujuan SKS adalah memberikan layanan kepada peserta didik untuk dapat menyelesaikan pendidikannya sesuai dengan bakat, minat, dan kemampuan/kecepatan belajarnya. Sistem ini memungkinkan peserta didik untuk dapat menyelesaikan pendidikannya di MTs hanya dalam waktu 2 tahun,” katanya lagi.

Sementara itu Kepala MTsN 1 Bukittinggi Hj. Eva Anggraini mengemukakan “Kegiatan Bimtek Implementasi Kurikulum Merdeka Layanan SKS (Sistem Kredit Semester) ini untuk menguatkan pemahaman tentang Kurikulum Merdeka berbasis SKS pada semua guru, sehingga mereka siap mengimplementasikannya tahun ini juga. Untuk itulah kita mendatangkan narasumber dari Direktorat KSKK Kemenag RI yang akan memberikan tata cara pelaksanaanya,” jelasnya.

Dalam pengarahannya, Arif Ridho dan Rahmi Yulianti memberikan motivasi dan ide-ide segar mengenai pengimplementasian program SKS di MTsN 1 Bukittinggi sehingga para guru yang menjadi peserta pembinaan mendapatkan energi baru serta mendapat insight mengenai pembelajaran. (Syafrial)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *