Ketua DWP Kemenag Kota Bukittinggi Didampingi Beberapa Orang Pengurus Ikuti Webinar Nasional

Bukittinggi, humas–Ketua Dharma Wanita Persatuan Kementerian Agama Kota Bukittinggi, Ernika Fitri Kasmir beserta beberapa orang pengurus mengikuti Webinar Nasional yang diadakan Dharmawanita Persatuan Kementerian Agama RI, Rabu (03/03) bertempat di Ruang PTSP Kantor Kemenag setempat. Webinar dilaksanakan melalui Virtual Zoom Meeting bersama Hj. Elly Risman Musa dengan tema “Membangun Pola Komunikasi Yang Efektif & Menyenangkan Antara Orang Tua Dan Anak”.


Eny Yaqut Cholil Qoumas selaku pembina Dharmawanita Persatuan Kemenag RI menganalogikan komunikasi dengan orchid bloom, yaitu bunga anggrek yang sedang mekar, dimana setiap anggrek yang mekar akan sangat unik tidak akan sama coraknya satu dengan yang yang lain, begitu pun anak dilahirkan sangat unik maka cara berkomunikasi dengan setiap anak akan sangat berbeda. Selain itu, ketidakmampuan untuk berkomunikasi dan mengekspresikan diri dengan terbuka kepada satu keluarga menjadi tantangan terbesar bagi orang tua untuk menikmati momen yang menyenangkan dan berkualitas bersama anak. Menurutnya tema yang diangkat DWP Kemenag RI pada webinar nasional kali kedua itu, selaras dengan program Kemenag yang membangun SDM berkualitas.


Beliau juga menyampaikan bahwa anggrek yang mekar terlihat sederhana tapi juga memiliki langkah perawatan yang rumit, begitu pun cara komunikasi pada anak yang terlihat sebagai kegiatan sehari-hari yang sederhana namun juga sulit dan rumit untuk mencapai tujuan komunikasi kepada anak.


Sementara narasumber Elly Risman menyampaikan tentang 12 kesalahan gaya pendidikan populer dan juga meminta seluruh peserta untuk menemukan alternatif sesuai kondisi peserta. 12 kesalahan populer dalam pendidikan itu adalah memerintah, menyalahkan, meremehkan, membandingkan, mencap/label, mengancam, menasehati, membohongi, menghibur, mengkeritik, menyindir dan menganalisa.


Ketua Dharmawanita Persatuan Kementerian Agama Kota Bukittinggi Ernika Fitri Kasmir sangat mengapresiasi kegiatan yang diangkat DWP Kemenag RI tersebut. “Banyak Ilmu yang kita dapat dalam kegiatan Webinar Nasional yang diadakan Dharmawanita Persatuan Kementerian Agama RI melalui penyampaian materi yang disampaikan oleh narasumber. Semoga kegiatan ini dapat berlanjut dengan materi lainnya apalagi yang berkaitan seputar ketahanan keluarga. Kami menyampaikan terima kasih kepada DWP Kemenag RI yang telah memberi ruang untuk dapat bergabung pada kegiatan Webinar Nasional ini, “ tuturnya. (Syafrial)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *