Kelurahan Kubu Gulai Bancah Di Tunjuk Sebagai Networking Pusaka Sakinah dan Pilot Projects Kampung Sakinah

Bukittinggi, Humas–Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Bukittinggi, H. Kasmir didampingi oleh Kepala Seksi Bimas Islam, H. Zulfakhri dan JFU Bimas Islam, Isnawati Wasil menerima kunjungan Sekretaris Lurah Kelurahan Kubu Gulai Bancah serta Penghulu KUA Mandiangin Koto Selayan Kota Bukittinggi dalam rangka samakan persepsi dan rapat teknis pelaksanaan program Kelurahan Kubu Gulai Bancah Kecamatan Mandiangin Koto Selayan, Kamis (01/07) lalu.

Kunjungan tersebut menindak lanjuti pertemuan lintas sektoral antara Kemenag Kota Bukittinggi dengan Camat Mandiangin Koto Selayan beberapa waktu yang lalu dalam rangka menjadikan Kelurahan Kubu Gulai Bancah Kecamatan Mandiangin Koto Selayan sebagai Networking Pusaka Sakinah dan Pilot Projects Kampung Sakinah.

Kepala Seksi Bimas Islam, H. Zulfakhri Senin (05/07) mengatakan dengan adanya rapat koordinasi tersebut diharapkan bisa terjalin kerja sama yang baik.

“Pusat Layanan Keluarga (PUSAKA) Sakinah merupakan program yang dilaksanakan oleh KUA untuk memberikan layanan bimbingan edukasi dan pelatihan bagi calon pengantin yang akan menikah. Program itu menunjukkan bahwa KUA telah bertransformasi. KUA tidak lagi hanya berurusan dengan buku nikah saja, tetapi juga memberikan bimbingan bagi calon pengantin”, tuturnya.

Selanjutnya H. Zulfakhri mengatakan Pusaka sakinah mempunya tiga program. Pertama adalah Belajar Rahasia Nikah (Berkah). Dengan program ini, calon pengantin akan mendapatkan bimbingan langsung dari KUA, tentang ekonomi keluarga dan membangun relasi yang harmonis.

Kedua, Konsultasi, Mediasi, Pendampingan dan Advokasi (Kompak). KUA akan menangani KDRT, perceraian, dan kawin anak.

Dan yang ketiga adalah Layanan Bersama Ketahanan Keluarga Republik Indonesia (Lestari). Program ini melibatkan semua stake holder yang ada di kecamatan guna bersama sama melaksanakan ketahanan keluarga, baik dari sisi kesehatan maupun program anak yang dicanangkan oleh BKKBN.

Pusaka Sakinah merupakan ruang yang nyaman bagi masyarakat yang berfungsi untuk konsultasi, dan bimbingan secara terus menerus untuk membentuk keluarga sakinah. (Syafrial)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *