MAN 2 Bukittinggi Tuan Rumah Rakor K3MA se-Sumatra Barat

Bukittinggi, Humas–MAN 2 Kota Bukittinggi yang di pimpin Amri, J menjadi pusat Rapat Koordinasi Kelompok Kerja Kepala Madrasah Aliyah (K3MA) se-Sumatra Barat, Rabu 21 September 2022. Kegiatan Rapat Koordinasi Kepala MA se-Sumatra Barat ini langsung di buka secara resmi oleh Kakanwil Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat, H. Helmi didampingi Ketua DWP. Hj Nazifah Helmi bertempat di Aula Madrasah setempat.

Turut hadir dalam kegiatan ini Kepala Bidang Pendidikan Madrasah, H. Hendri Pani Dias, Kepala Bidang Penais Zawa H. Yufrizal, Kepala Kementerian Agama Kota Bukittinggi, H. Eri Iswandi. Rapat Koordinasi kepala Madrasah Aliyah ini diikuti oleh 70 orang kepala Madrasah Aliyah (MA) se-Sumatra Barat.

Dalam sambutannya Kepala Kementerian Agama Kota Bukittinggi H. Eri Iswandi menyampaikan rasa bangga atas di jadikannya MAN 2 Bukittinggi sebagai tuan rumah Rapat Koordinasi Kepala Madrasah Aliyah Se-Sumatera Barat.

‘’Bukittinggi sebagai kota wisata tidak hanya sebagai tujuan wisatawan untuk berlibur, namun juga sebagai tujuan tempat kegiatan. Bukittinggi memiliki udara yang sejuk, hujan hari ini menambah kesejukan kita dalam menjalankan Rapat Koordinasi hari ini. Terimakasih banyak kepada bapak Kakanwil beserta rombongan hadir dalam rakor ini sekaligus menikmati kesejukan udara di KotaBukittinggi. Kami sangat bangga bisa menjadi tempat tujuan berbagai kegiatan tingkat Provinsi,” tuturnya.

Selanjutnya H. Eri Iswandi juga menyampaikan terimakasih kepada seluruh kepala Kepal Madrasah Aliyah Negeri dan Swasta se-Sumatra Barat yang telah menyempatkan waktu untuk datang mengikuti kegiatan Rapat Koordinasi. “Ini sudah menjadi komitmen kami baik dari Kemenag Kota Bukittinggi maupun Pemerintah Daerah Kota Bukittinggi untuk selalu terbuka menjadi tuan rumah dalam kegiatan dalam berbagai kegiatan,” ujar H. Eri Iswandi.

Terakhir dalam kesempatan tersebut Kakan Kemenag Kota Bukittinggi menyampaikan bahwa Aula MAN 2 Bukittinggi yang dijadikan tempat kegiatan rapat koordinasi ini merupakan gedung tertua di MAN 2 Bukittinggi. “Aula ini masih memiliki icon PGA dibagian depannya, hal ini sebagai penanda bahwa MAN 2 Bukittinggi dulunya merupakan sekolah PGA dimasanya,” jelasnya.

Dalam arahan sekaligus membuka secara resmi Kegiatan Rapat Koordinasi K3MA se-Sumatra Barat, Kakanwil, H. Helmi menyampaikan beberapa hal. ‘’Buatlah masyarakat kagum ke Madrasah artinya masyarakat bisa merasakan kualitas pendidikan di Madrasah. Selain itu seluruh satuan pendidikan harus memiliki kekompakan dan solidaritas dalam mendidik siswanya. Pendidikan tidak hanya transfer knowledge namun juga pembentukan karakter dan berbudi pekerti,” tuturnya.

Selanjutnya Kakanwil juga menekankan bahwa guru harus memiliki karakter unggul yang bisa dicontoh siswa. “Bagi Madrasah Aliyah jangan lupa ditingkatkan peran dan komitenya dalam membantu jalannya pendidikan. Perlu peningkatan pengumpulan zakat dari setiap satuan pendidikan untuk membantu siswa kita yang kurang mampu, sehingga kedepannya tidak ada lagi siswa yang tidak bersekolah karena kekurangan biaya. Apalagi kita melalui Penais Zawa sangat gencar dalam meningkatkan pengumpulan zakat ini yang nantinya akan dibantu UPZ Kanwil Kemenag Sumbar dalam pendistribusiannya,” tuturnya lagi.

Selanjutnya orang nomor satu di jajaran Kementerian Se-Sumatera Barat ini menjelaskan bahwa agar semakin menunjang pendidikan, pihak Kanwil Kementerian Agama selalu berupaya membantu Madrasah agar mendapatkan gedung- gedung Madrasah yang bagus salah satunya melalui SBSN. “Melalui fasilitas yang memadai akan terlahir siswa Madrasah yang berkualitas dan masyarakat semakin bersemangat menyekolahkan anaknya ke Madrasah”. kata Helmi. Terimakasih kepada MAN 2 Bukittinggi sebagai tempat kegiatan walaupun baru satu bulan pak Amri.J. dilantik , tapi sudah luar biasa persiapannya. Tampak juga dari siswanya sangat semangat sekali dalam menampilkan tari pasambahan walaupun dibawah gerimis hujan.’’ Tambahnya.

Dihubungi humas setelah acara Kepala MAN 2 Bukittinggi Amri J. menyampaikan ‘’Alhamdulillah MAN 2 Bukittinggi dipercaya sebagai tempat kegiatan rapat koordinasi kepala MA se –Sumbar. dalam rakor September ini ada beberapa yang dibahas seperti persiapan menghadapi KSM tingkat Nasional, kemah madrasah tingkat provinsi dan agenda penting lainnya. Dalam rakor bulan ini alhamdulillah dihadiri 70 kepala MA negeri swasta se- Sumbar. MAN 2 Bukittinggi selalu siap menyambut tamu yang datang hal ini sesuai dengan ajaran Rasulullah yang mengajarkan kita untuk memuliakan tamu.’’ungkap Amri.j.(Yuli/Syafrial)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *