Semarak Ramadhan, Kemenag Kota Bukittinggi Gelar Musabaqah Tilawatil Qur’an

Bukittinggi, Humas–Dalam rangka menyemarakkan dan mensyiarkan bulan suci Ramadhan 1444 H/2023 M sekaligus memperingati Nuzulul ur’an, Kantor Kementerian Agama Kota Bukittinggi melalui Seksi Kasi Bimas Islam mengelar Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) antar Aparatur Sipil Negara (ASN)masing-masing satuan kerja di lingkungan Kemenag Kota Bukittinggi. Bertempat di Aula Kemenag setempat. Kamis, 22 Ramadhan 1444 H/ 13 April 2023.

Kegiatan ini di ikuti oleh utusan Bagian Kepegawaian, Bagian Keuangan, Seksi Bimas Islam, Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah, Seksi Pendidikan Agama Islam, Seksi Pendidikan Madrasah, Seksi Pendidikan Diniyah Dan Pondok Pesantren, Penyelenggara Zakat Wakaf, Pengawas, KUA Kecamatan dan Madrasah.

34 peserta yang mengikuti lomba sehari ini akan dinilai oleh dua dewan hakim yaitu, Rusman Edi dan H. Syamsurijal.
Kasi Bimas Islam Kantor Kementerian Agama Kota, H. Zulfikar menyampaikan MTQ Antar ASN utusan masing masing Satker dan bagian di lingkungan Kantor Kementerian Agama Kota Bukittinggi, sebagai momentum untuk bersilaturahmi antar sesama sekaligus memperingati Nuzul Qur’an dan mensyiarkan bulan suci Ramadhan 1444 H.

“Penyelenggaraan MTQ antar ASN ini di harapkan semakin menumbuhkan kecintaan dan gairah kita untuk senantiasa mempelajari dan memahami Al Qur’an sebagai petunjuk dan pedoman hidup. Kegiatan musabaqah juga menjadi tolak ukur keberhasilan aktifitas tahsin yang rutin kita ikuti,” jelasnya.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Bukittinggi H. Eri Iswandi dalam sambutannya menyampaikan Kegiatan MTQ ini jangan hanya di lihat sebagai kegiatan rutinitas seremonial semata tetapi harus mampu menjadi momentum strategis mewarnai kehidupansehari-hari dengan nilai-nilai Qur’ani.

“Semoga dengan MTQ ini dapat menjadi media dakwah dan syiar keagamaan yang efektif untuk lebih mencintai Al Qur’an. Sebagai kita ketahui kitab suci Al Qur’an diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW saat Bulan Ramadan, dijadikan sebagai tuntunan dan pedoman bagi umat Islam agar mencapai kebahagiaan dunia akhirat. Maka, sudah sepatutnya umat Islam, terutama para ASN Kementerian Agama untuk selalu meningkatkan pemahamannya terkait isi kandungan Al Qur’an tersebut dengan baik,” katanya.

Selanjutnya H. Eri Iswandi berharap dengan pemahaman utuh terhadap nilai-nilai universal Al Qur’an dapat memberikan kontribusi bagi para ASN Kementerian Agama Kota Bukittinggi dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat atas nilai-nilai ketuhanan yang diajarkan di dalam kitab suci Alquran.

Sementara itu dewan juri di wakili, Rusman Edi menyampaikan bahwa dalam penilaian yang diutamakan ialah Tajwid, Adab dan Fasahah. Sementara irama, dibebaskan kepada peserta untuk memilih baik Tartil, Tilawah dan lain sebagainya.
(Andreas)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *