Berikan Layanan Terbaik, Penghulu KUA Kecamatan Guguk Panjang Verifikasi Data dan Berikan Penasehatan Catin

Bukittinggi, Humas–Penghulu Kantor KUA Kecamatan Guguk Panjang Kota Bukittinggi, H. Gazali melaksanakan verifikasi dan memberikan penasehatan kepada 1 pasang catin untuk memberikan pembekalan awal kepada catin agar tujuan perkawinan berupa pembentukan keluarga sakinah, mawaddah wa rahmah, sejahtera lahir dan batin, baik spiritual maupun material bisa terwujud, Senin (22/05) di Kantor Urusan Agama setempat.

H. Gazali menyampaikan salah satu tugas pokok penghulu dalam melaksanakan tugas dan fungsinya adalah melakukan perencanaan kegiatan kepenghuluan, pengawasan pencatatan nikah/rujuk, pelaksanaan pelayanan nikah/rujuk, termasuk pengecekan dan verifikasi data calon pengantin.

“Adakalanya data yang disampaikan tidak akurat seperti salah satu contohnya ayah angkat tertulis sebagai ayah kandung sehingga jika tanpa verifikasi bisa terjadi kesalahan dalam penentuan wali yang akan berakibat fatal terhadap keabsahan suatu pernikahan. Salah satu tugas pokok dan fungsi KUA adalah melaksanakan pengawasan dan pencatatan pernikahan bagi warga yang beragama Islam,” tuturnya.

H. Gazali melanjutkan bahwa pemeriksaan calon pengantin (Catin) yang sudah mendaftarkan pernikahannya menjadi suatu hal yang sangat penting setelah persyaratan administrasi  terpenuhi .

“ Pemeriksaan yang kami lakukan di KUA, biasanya menekankan terkait wali nikah, umur catin , status janda duda ataupun cerai mati dan keterangan rekomendasi dari puskesmas  terkait kesehatan,” Jelasnya.

Sementara itu ditempat terpisah Kepala KUA Kecamatan Guguk Panjang Kota Bukittinggi, Yuridarsan mengatakan bahwa  semua catin di Kecamatan Guguk Panjang, wajib mengikuti verifikasi data oleh petugas KUA sebelum melangsungkan akad nikah.

“Semua dokumen calon pengantin harus lengkap dan dihadirkan pada saat pemeriksaan nikah di KUA, baik menyangkut persyaratan usia catin, Wali yang dibuktikan dengan dokumen kartu keluarga dan KTP, ataupun menyangkut status janda, duda ataupun cerai mati,” ujarnya. (Syafrial)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *