Kemenag Kota Bukittinggi Lakukan Pembinaan Update Data Emis Bagi Operator Madrasah

Bukittinggi, Inmas–Sehubungan dengan selesainya proses PPDB tahun pelajaran 2019-2020 di Madrasah, sanngat di perlu update data baik pada RA maupun Madrasah khususnya di Kota Bukittinggi. Menyikapi hal tersebut Kantor Kementerian Agama Kota Bukittinggi melalui Seksi Pendidikan Madrasah Selasa 10/09/2019 menyelenggarakan kegiatan Pembinaan Upload Data EMIS bagi Operator RA/Madrasah se-Kota Bukittinggi bertempat Labor MAN 2 Bukittinggi.

Acara ini dibuka langsung oleh Hilaluddin Kasi Penmad Kemenag Kota Bukittinggi didampingi pengawas Madrasah Syukri. Kemudian dalam pelaksanaan acara pembinaan tersebut Kasi Penmad dibantu oleh JFU seksi Penmad Anshar Idris selaku koordinator para operator EMIS RA dan madrasah se-Kota Bukittinggi.

Pada kesempatan tersebut Hilaluddin menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu agenda rutin yang wajib dilaksanakan update data emis minimal dua kali dalam setahun (setiap semester). “ Setiap enam bulan hampir dipastikan ada perubahan data pada Madrasah terutama pada Bulan Juli disebabkan adanya penerimaan siswa baru dan siswa yang tamat menyelesaikan pendidikan. Data akurat sangat penting karena berhubungan dengankebutuhan Madrasah seperti dalam pencairan dana BOS Madrasah, Sertifikasi Guru dan yang lain sebagainya.. Melalui kegiatan pendampingan ini diharapkan data Emis bisa valid dengan memasukkan kedalam aplikasi sesuai yang ada. Data pada aplikasi ini harus di update untuk memperbaiki data pada Madrasah,” tuturnya.

Selanjutnya kata Hilaluddin “pembaharuan data ini sangat penting dilakukan oleh madrasah. Data yang akurat akan berimplikasi pada kebijakan dan tepat sasaran. Sementara jika Madrasah tidak melakukan updating data, dikhawatirkan tidak mendapatkan layanan yang seharusnya.semoga proses pembaharuan data EMIS ini bisa berjalan dengan lancar,” tuturnya lagi. (Andreas)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *