Zona Integritas Wujudkan Instansi Berkualitas

Bukittinggi,Inmas—Zona Integritas (ZI) merupakan strategi pemerintah dalam rangka pencegahan terjadinya kecurangan untuk menuju Wilayah Bebas Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBK WBBM). Melalui pelaksanaan berbagai kegiatan dalam bentuk yang lebih nyata.

Kesuksesan dalam pelaksanaan ZI telah mengantarkan Kantor Kementerian Agama Kota Bukittinggi menjadi lembaga yang sering dikunjungi dari berbagai satuan kerja yang ada di Sumatera Barat maupun nasional.

Bukan tanpa alasan, kedatangan instansi dari berbagai daerah dikarenakan kesuksesanKantor Kementerian Agama Kota Bukkittinggi dalam melaksanakan berbagai program,salah satunya adalah pelaksanaan ZI menuju WBK WBBM.

Kapal besar yang di nahkodai H. Abrar Munanda dengan dukungan para Aparatur Sipil Negara (ASN) yang yang ada di dalamnya, merupakan pelaksana pertama PelayananTerpadu Satu Pintu (PTSP) dilingkungan Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat dan  pelaksana ke-tiga ditingkat nasional. Tentunya hal tersebut merupakan upaya pembangunan ZI untuk mewujudkan instansi berkualitas menuju WBK WBBM.

Berdasarkan hasil testimoni dan wawancara kepada beberapa pengguna layanan yang melakukan urusan, pelaksanaan pelayanan di Kantor Kemenag Kota Bukittinggi mendapat apresiasi yang luar biasa. Pelayanan yang cepat, akurat dan memuaskan ucap mereka.

Saat ini Kantor Kemenag Kota Bukittinggi memperoleh nilai 87, 94 berdasarkan Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM). Ini membuktikan bahwa pelaksanaan layanan telah berjalan dengan baik dan sesuai dengan ketentuan yang diharapkan. Perlu peningkatan pada beberapa item untuk memenuhi kepuasan masyarakat yang memiliki urusan.

Melalui submit Penilaian Mandiri Pembangunan Zona Integritas Reformasi Birokrasi (PMPZI RB) yang telah dilaksanakan dipenghujung tahun 2019, Kantor Kementerian Agama Kota Bukittinggi memperoleh nilai PMP ZI 90,48 dan PMP RB 97,85.

Capaian yang luar biasa berkat kerjasama, kolektivitas dan komitmen atas 5 nilai budaya kerja Kementerian Agama. (Andreas)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *