MAN 2 Bukittinggi Gandeng Yayasan Budi Insan Mulia Lakukan Tes Psikologi Siswa Kelas XII

Bukittinggi, Humas–Dalam rangka mempersiapkan kelanjutan pendidikan siswa kelas XII, MAN 2 Bukittinggi mengandeng Yayasan Budi Insan Mulia “BIM Consulting” yang beralamat Jl. Rambutan RT 001 RW 006 Kelurahan Koto Panjang Ikur Koto Kecamatan Koto Tangah Kota Padang menggelar kegiatan Psikotes. Budi Insan Mulia ini memiliki psikolog pendidikan yang telah berkompeten dibidangnya. Pelaksaan tes dilaksanakan oleh para sarjana psikologi yang sudah terlatih dalam melaksanakan psikotes.

Psikotes yang di laksanakan Minggu (06/11) ini merupakan hasil kesepakatan dalam pertemuan silaturahmi pihak madrasah dengan orangtua siswa pada Oktober 2022 lalu. Kegiatan mengunakan sejumlah lokal MAN 2 Bukittinggi dengan di ikuti sebanyak 255 siswa. Selama kegiatan tes berlangsung tidak ada kendala yang dihadapi siswa, karena sebelumnya sudah ada pembekalan dari tim BK kepada peserta tes.

Dalam pantauan Humas tampak Kepala MAN 2 Bukittinggi Amri.J, ikut memantau kangsung kegiatan tersebut, selain itu juga dihadiri oleh Waka Bidang Kurikulum, Deswita, Waka Bidang Kesiswaan, Nelma Hasni, Waka Bidang Humas, Fadhlina Syarif dan tim Bimbingan Konseling (BK).

Nelma Hasni menyampaikan “Pelaksanaan Psikotes untuk siswa kelas XII sudah seharusnya dilaksanakan karena sebelumnya siswa kita ini belum pernah mengikuti psikotes, apalagi sebentar lagi siswa kelas XII ini akan melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi. Kita tidak ingin siswa kita ini jangan salah memilih jurusan dan akan berdampak kepada pengembangan karir mereka nantinya. Melalui psikotes ini siswa dapat mengenal dirinya seperti tingkat IQ, EQ, Ketahuan Belajar, Jurusan yang tepat serta saran karir atau profesi yang tepat dengan kepribadian masing-masing. Semoga melihat hasil psikotes siswa tidak ada lagi yang salah memilih jurusan sehingga siswa dapat “mengukur bayang-bayang dirinya”. Papar Nelma.

Amri.J, kepala MAN 2 Bukittinggi disela- sela pantauannya menyampaikan “Kami berkomitmen untuk mendukung kelanjutan studi siswa dengan berbagai cara seperti psikotes dan kerjasama dengan lembaga bimbingan belajar. Pada hari ini sebanyak 255 siswa kita ikut psikotes kerjasama MAN 2 Bukittinggi dengan lembaga Budi Insan Mulia Consulting.
Melalui psikotes ini kita dapat melihat berbagai kemampuan, prestasi, kepribadian termasuk intelegensi anak. Selain itu hasil psikotes ini berguna bagi guru untuk melihat gambaran utuh siswa kita selain kemampuan akademik juga kondisi emosi, kecenderungan sikap serta hal- hal yang mempengaruhinya. Dari pelaksanaan hari ini dapat kita lihat siswa melewati serangkaian tes mulai dari tes tertulis, wawancara dan tes lainnya. Melalui psikotes ini dapat kita melihat potensi dari masing-masing siswa sehingga ini berguna untuk kelanjutan studi ke perguruan tinggi”. Papar Amri.J. (Yuli/Syafrial)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *