Raih Prestasi Pada Ajang KSM Tingkat Kota, 3 Orang Siswa MAN 2 Bukittinggi Melaju Ke Tingkat Provinsi

Bukittinggi  Humas–Kompetisi Sains Madrasah (KSM) merupakan ajang lomba yang diselenggarakan Kementerian Agama semenjak tahun 2012 lalu, bertujuan untuk menjadi sarana bagi siswa madrasah mengembangkan minat dan bakatnya di bidang sains.

Kompetisi ini terdiri dari 4 tahapan mulai dari seleksi tingkat madrasah, Kab/Kota, Provinsi dan Nasional. Pembiasaan siswa dalam KSM ini menjadikan siswa terlatih dalam memecahkan soal- soal level HOTS serta mampu mengintegrasikan dengan ilmu agama yang dapat diterapkan dalam pemecahan masalah dalam kehidupan sehari- hari.

MAN 2 Bukittinggi selalu ikut ambil bagian dalam kompetisi Sains ini, terbukti dengan keikutsertaan siswa MAN 2 Bukittinggi sebanyak 12 orang yang mengikuti seleksi tingkat kota Bukittinggi pada 13- 14 Agustus lalu. Sebanyak 3 orang siswa MAN 2 Bukittinggi berhak mewakili kota Bukittinggi untuk melaju ke tingkat provinsi. Pada cabang Ekonomi Terintegrasi meraih Juara 1 Tingkat kota Bukittinggi yaitu Laila Fitri Ramadhani kelas XII.IPS 1. Imrotus Sholiha meraih juara 2 cabang Biologi Terintegrasi  dan Anisa Aprilia Nuriah  merah peringkat 3 pada cabang Matematika.

Disela waktu latihannya Humas mewawancarai Laila Fitri Ramadhani  tentang pengalamannya dalam mengikuti kompetisi tersebut. Laila menyampaikan.

‘’Alhamdulillah tahun ini saya meraih juara 1 dan ini pengalaman pertama bagi saya. Terimakasih banyak pada guru pembimbing buk Nisaini dan buk Mira Rahmi. Sangat bahagia sekali rasanya dapat mewakili kota Bukittinggi pada tingkat provinsi. Persiapan ikut KSM sudah saya mulai semenjak kelas X dan semakin intensif mempelajari modul agama sebulan terakhir ini. Soal- soal pada seleksi  KSM tidak hanya pada bidang yang dilombakan namun diintegrasikan dengan mapel agama. Saya sangat terbantu sekali dengan keberadaan modul terintegrasi agama melalui modul tersebut kita terlatih dengan soal – soal analisa. KSM tingkat provinsi yang akan diadakan  tanggal 10 September mendatang. Semoga Allah memudahkan saya untuk menjawab semua soal- soal ujian dan dapat membawa nama harum MAN 2 Bukittinggi dan kota Bukittinggi di tingkat Provinsi.’’ Harap Laila.

Salah satu pembimbing KSM MAN 2 Bukittinggi cabang Ekonomi terintegrasi , Nisaini menyampaikan apresiasi dan rasa bangga atas capaian siswa bimbingannya.

‘’Ini baru 2 tahap terlewati, selanjutnya kita harus melewati tahap provinsi setelah ini, oleh karena itu kita makin intensif berlatih. Ananda kita ini sudah berlatih dari kelas X dan alhamdulillah dapat juara 1 tingkat kota Bukittinggi dan semoga dapat melaju ke Nasional. Kita lihat Laila adalah siswa yang penuh semangat, cepat paham dan pantang menyerah. Untuk materi ekonomi kita juga mempelajari kembali koleksi soal- soal sebelumnya dan juga bekerjasama dengan guru agama untuk pembahasan soal terintegrasi agama. Siswa yang ikut KSM merupakan siswa pilihan dan ajang ini merupakan masa mempersiapkan siswa untuk masuk perguruan tinggi. Melalui KSM tercipta siswa yang kritis, gigih dan berdaya saing sehingga sangat relevan sekali dengan tuntutan kurikulum sekarang ini’’. ungkap Nisaini.

Amri. J, Kepala MAN 2 Bukittinggi menyampaikan rasa bangga dan harapannya atas prestasi  3 orang siswa MAN 2 Bukittinggi pada ajang KSM tingkat Kota Bukittinggi tahun 2022.

‘’Selamat melaju ke tahap selanjutnya, jaga kesehatan dan fokus untuk belajar. Keikutsertaan siswa MAN 2 pada KSM setiap tahunnya sebagai wujud eksistensi kita sebagai bagian dari Kementerian Agama. Madrasah wajib mengirim peserta untuk menyukseskan program Dirjen Pendis yang telah dirintis dari tahun 2012 ini. melalui KSM diharapkan lahir ilmuwan- ilmuwan hebat yang berlandaskan nilai- nilai Islam. Ajang KSM tidak sekedar persaingan namun juga sebagai masa pembentukan karakter Pancasila seperti pekerja keras, jujur, berdaya saing dan problem solver’’. Harap Amri.J. (Yuli/Syafrial)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *