646 Siswa MAN 2 Bukittinggi laksanakan Shalat Sunat Tasbih

Bukitttinggi, Humas–Pesantren Ramadhan 1444H di MAN 2 Bukittinggi berjalan lancar dan sukses. Semenjak dibuka secara resmi oleh kepala MAN 2 Bukittinggi pada 27 Maret lalu berbagai kegiatan dilakukan dalam mengisi pesantren Ramadhan di MAN 2 Bukittinggi. Salah satu kegiatan yang dilakukan pada Ramadhan 1444 H adalah pelatihan dan pelaksanaan shalat sunat tasbih. Kegiatan ini dipimpin oleh ketua KKG guru PAI MAN 2 Bukittinggi, ustad Syafrizal yang sekaligus sebagai Pembina OSIM bidang keagamaan.

Bertempat di mushalla MAN 2 Bukittinggi sebanyak 600 siswa dan guru melaksanakan shalat sunat tasbih pada hari Kamis (13/4/23). Kegiatan keagamaan berjalan dengan lancar dan tertib, tampak semua siswa sangat khusuk dan serius mulai dari pelatihan hingga pelaksanaannya.

Ustad Syafizal menyampaikan tentang pelaksanaan shalat sunat tasbih untuk siswa dan guru di MAN 2 Bukittinggi. ‘’Sebelum pelaksanaan pada Kamis (13/4/23), kami sebelumnya mengadakan latihan 2 kali kepada siswa. Mungkin untuk siswa kelas XI tidak banyak kendala karena pada Ramadhan tahun lalu mereka pernah ikut shalat sunat tasbih. Untuk siswa kelas X ini perdana mereka melakukan di madrasah ini,sebagian dari siswa masih ada yang belum pernah melaksanakan, sehingga kita latih kembali semuanya untuk keseragaman tata cara dari awal hingga akhir,” terangnya

Selanjutnya kata Ustadz Syafrizal latar belakang mengajak siswa untuk melaksanakan shalat sunat tasbih ini, selain kita sedang dalam bulan baik yaitu bulan Ramadhan tetapi juga sebagai salah satu kegiatan dalam mengisi pesantren ramadhan di MAN 2 Bukittinggi. Apalagi dilaksanakan secara berjamaah dan di bulan baik, semuanya akan mendapatkan pahala berlipat ganda.

“Shalat sunat tasbih merupakan shalat sunat dikerjakan dengan membaca kalimat tasbih sebanyak 300 kali dalam empat rakaat apabila dikerjakan pada pagi atau siang hari dan dua rakaat dikerjakan pada malam hari. Rasulullah mengajarkan bahwa manfaat salat tasbih dapat menghapus dosa yang pernah diperbuat manusia. Begitu beruntungnya kita menjadi umat Islam berbagai cara dapat kita lakukan untuk menghapus dosa dan meminta ampun kepada Allah SWT atas semua kesalahan yang dilakukan. Semoga dengan kegiatan ini seluruh siswa kami selalu dalam lindungan Allah SWT dan menjadi generasi muslim yang jauh dari perbuatan tercela’’. Harap ustad yang mengajar akidah Akhlak ini.

Kepala MAN 2 Bukittinggi Amri. J menyampaikan apresiasinya atas proram tim PAI MAN 2 Bukittinggi. ‘’Terimakasih banyak kepada pembina OSIM, tim guru PAI dan bapak ibu guru mapel lainnya, berkat kerjasama yang solid kita ciptakan program kreatif untuk mengisi kegiatan pesantren ramadhan 1444 H untuk siswa MAN 2 Bukittinggi. Satu satu kegiatan yang luar biasa yaitu pelaksanaan shalat sunat tasbih yang diikuti siswa kelas X dan XI. Betapa banyak rahmat yang akan datang ke madrasah kita melihat semangat siswa dalam mengisi Ramadhan ini,” ungkapnya.

Selanjutnya kata Amri.J “Shalat sunat tasbih merupakan shalat sunat yang memiliki banyak manfaat dalam kehidupan kita, selain meminta ampunan, melalui shalat sunat tasbih kita akan merasakan hidup semakin semangat, dijauhkan dari hal- hal negatif, meningkatkan ketaatan, meningkatkan kecintaan pada Allah,memperkuat keimanan, hidup menjadi lebih tenang dan semakin berkualitas. Apalagi dalam pelaksanaannya setiap satu rakaat ada 75 dzikir jika dilaksanakan 4 rakaat maka akan ada 300 tasbih yang dibaca. Karena tasbih adalah ucapan baik, perintah dan kalimat yang disukai Allah SWT maka kita berharap siswa MAN 2 Bukittinggi semakin baik kualitas pendidikannya dari hari ke hari dan semangat dalam berprestasi,” harap kepala madrasah ini (Yuli/Syafrial)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *