Usai Pembukaan KSM, Kakan Kemenag Kota Bukittinggi Motivasi Kontingen

Bukittinggi, Humas–Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Bukittinggi, H. Eri Iswandi didampingi Ketua DWP, Ny. El Eri Iswandi hadiri pembukaan secara resmi Kompetisi Sains Madrasah (KSM) 2023 tingkat Provinsi Sumatera Barat di Lapangan MAN 2 Kota Padang, Jumat (04/08/2023) siang.

KSM tingkat Provinsi Sumatera Barat yang dilaksanakan mulai tanggal 04 – 06 Agustus  2023 di MAN 2 Kota Padang dibuka Plh. Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat H.Hendri Pani Dias di damping Ketua DWP Kanwil Kemenag Sumbar, Ny Hj Nazifah Helmi beserta anggota, Kabid Urais H.Edison, Kabid PHU Ramza Husmen, Ketua Komite KSM Provinsi Hami Mulyawan (Jumat 04/08/23) di Halaman MAN 2 Kota Padang.

Turut hadir Kepala Balai Diklat Keagamaan Padang, Kepala UPT Asrama Haji Embarkasi Padang, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten/Kota se-Sumatera Barat beserta Ibu, Kasi Penmad/Pendis se-Sumatera Barat, KKMA, KKMTs, KKMI, Kepala Madrasah MI, MTs dan MA, Ketua Pokjawas Sumbar, Panitia Pelaksana, peserta dan pendamping KSM se Sumatera Barat.

Kompetisi Sains Madrasah (KSM) merupakan kegiatan tahunan yang digelar Kementerian Agama sebagai wahana membangun ghirah kompetisi sains di kalangan siswa madrasah dan juga terbuka bagi sekolah umum, tahun 2023 mengusung tema “KSM Mengelaborasi Sains dengan Nilai-Nilai Islam untuk Memperteguh Akhlak Mulia, Kreatif, Inovatif, Cerdas dan Berwawasan Kebangsaan”.

Plh. Kakanwil Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat, H. Hendri Pani Dias mengucapkan selamat dan sukses kepada peserta KSM tingkat Provinsi Sumatera Barat. “Selamat berjuangan dan menjadi yang terbaik. Hari ini ananda telah sukses mengharumkan nama baik Kabupaten Kota masing-masing, dan selanjutnya nanti diharapkan dapat mengharumkan nama Sumatera Barat di kancah Nasional” tutur Hendri.

Selanjutnya kata H. Hendri Pani Dias “Madrasah sudah menunjukkan jati dirinya sebagai lembaga pendidikan yang berkualitas dan mampu bersaing secara nasional, regional dan internasional, berdasarkan Nilai UTBK Tahun 2023, beberapa madrasah Sumatera Barat masuk TOP 1000 SMA/MA Terbaik Nasional, MAN IC Padang Padang Pariaman peringkat 50 nasional, MAS Perguruan Ar Risalah peringkat 269, MAN 1 Kota Bukittinggi peringkat 646 dan MAS KMI Diniyyah Puteri Padang Panjang peringkat 754. Saat ini MAN IC Padang Pariaman masih menjadi SMA/MA terbaik I di  Sumatera Barat” terangnya.

Kompetisi Sains Madrasah merupakan salah satu bentuk ikhtiar Kementerian Agama dalam memberikan wadah bagi siswa  madrasah  untuk  berkompetisi secara akademik, mengembangkan bakat minat dan potensi masing-masing.

“Sesuai amanat Juknis KSM 2023, KSM diproyeksikan akan menjadi go international dengan diawali pemberian pengantar soal-soal tidak hanya dalam bahasa Indonesia, juga Bahasa Arab dan Inggris. Dalam semangat itu, Kementerian Agama juga membuka kesempatan  bagi  sekolah umum, SD, SMP, SMA baik negeri maupun swasta,  baik berbasis pondok atau tidak, untuk ikut menjelajah dunia sains dengan konteks nilai-nilai dan pengetahuan keislaman” tutur Hendri yang juga menjabat Kepala Bidang Pendidikan Madrasah di Kanwil Kemenag Sumbar.

Sementara itu Kakan Kemenag Kota Bukittinggi, H. Eri Iswandi didampingi Ketua DWP Ny. El Eri Iswandi, Plt. Kasi Pendidikan Madrasah Hj. Tri Andriani Djusair, Kepala MAN 2 Bukittinggi, Amri.J dan guru pendamping memberikan motivasi kepada Kontingen Usai Kegiatan Pembukaan Kompetisi Sains Madrasah Tingkat Provinsi Sumatera Barat.

“Kita berharap agar Kontingen kota Bukittinggi bisa tampil maksimal dalam Kompetisi Sains Madrasah tingkat Provinsi dengan membawa hasil terbaik. Selain untuk mendapatkan hasil terbaik pada ajang Kompetisi Sains Madrasah ini, juga diharapkan mampu untuk meningkatkan mutu pendidikan sains di madrasah khususnya di Kota Bukittinggi melalui penumbuh kembangan budaya belajar, nilai-nilai kreativitas, sportivitas dan nilai-nilai spritualitas. Kompetisi Sains Madrasah ini merupakan  kebanggaan madrasah. Menghadirkan marwah madrasah menjadi tanggung jawab kita bersama sehingga kualitas pendidikan dimadrasah benar-benar dapat dirasakan kehadirannya oleh masyarakat” ujarnya.

Kepada kontingen, H. Eri Iswandi berharap mengikuti Kompetensi Sains Madrasah ini dengan sebaik-baiknya. “K<span;>ami himbau kontingen Kota Bukittinggi bisa tampil maksimal, jangal lupa berdo’a dan tawakal serta jangan takabur. Sebelum mengikuti lomba terlebih dulu minta restu ke orang tua dan guru,” tuturnya memotivasi

Hami Mulyawan Ketua Komite KSM Provinsi Sumatera Barat menjelaskan, bidang studi yang dilombakan terdiri dari jenjang MI Matematika dan IPA  terintegrasi,  MTs Matematika, IPA dan IPS terintegrasi, dan MA Matematika, Fisika, Biologi, Kimia, Geografi dan Ekonomi terintegrasi, dengan peserta berjumlah 964 orang terdiri dari MI/SD 182 orang, MTs/SMP 276 orang dan MA/SMA 506 orang.

“Dari jumlah peserta terdapat perimbangan komposisi dan partisipasi antara madrasah negeri dan swasta MI 168 terdiri dari MIN 83 dan MIS 85 orang, SD 14 orang, MTs 249 terdiri dari MTsN 130 orang MTsS 119 orang, SMP 27 orang, MA 470 orang, terdiri dari MAN 233 orang, MAS 237 orang dan SMA 36 orang, jumlah peserta dari madrasah sebanyak 887 orang 92 % dan dari sekolah umum 77 orang 8 %” jelas Hami.

“KSM Tingkat Provinsi dilakukan serentak secara nasional dengan menggunakan sistem Tes Berbasis Komputer atau CBT full online yang disiapkan dan di bawah kendali Komite KSM Nasional” tutupnya( **/Syafrial)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *