MAN 2 Bukittinggi Terima Kunjungan UIN Imam Bonjol Padang

Bukittinggi, Humas–MAN 2 Bukittinggi terima kunjungan silaturahmi, Sosialisasi dan pelatihan penulisan Artikel Jurnal dari Fakultas Ushuludin dan Studi Agama dari UIN Imam Bonjol Padang, Senin (21/11/22).

Kegiatan sosialisasi dan pelatihan menulis artikel jurnal dari UIN Imam Bonjol Padang ini disampaikan oleh Dr. Amril beserta 4 orang tim dosen dari Fakultas Ushuludin dan Studi Agama dengan di ikuti siswa Kelas XII bertempat di Aula Madrasah setempat. Selain siswa kelas XII kegiatan tersebut juga di ikuti Guru Golongan IV, Waka Bidang Kurikulum, Deswita dan Kepala MAN 2 Bukittinggi, Amri.J.

Amri.J, Kepala MAN 2 Bukittinggi dalam pembukaan kegiatan menyampaikan “Saat ini siswa MAN 2 Bukittinggi berjumlah 941 orang. Untuk kelanjutan Studi berdasarkan data pada tahun lalu 98% siswa MAN 2 Bukittinggi melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi Negeri. Sebagian besar siswa kami juga melanjutkan pendidikan ke PTKIN yang ada di Sumbar hingga ke pulau Jawa. Alhamdulillah hari ini kita mendapat kunjungan sosialisasi, silaturahmi dan pelatihan dari Fakultas Ushuludin dan Studi Agama dari UIN IB Padang. Ananda kami kelas XII dapat mendengarkan pengarahan dari bapak- bapak dosen ini, sehingga ananda dapat menambah pengetahuan tentang Fakultas Ushuludin dan Studi Agama dari UIN IB Padang. Bagi siswa MAN untuk masuk PTKIAN merupakan jalur lanjutan pendidikan yang linier karena kita masih dalam naungan yang sama yaitu Kementerian Agama,” tuturnya.

Lanjut Amri.J Guru Golongan IV yang hadir pada hari ini diharapkan dapat memanfaatkan kegiatan pelatihan penulisan Artikel Jurnal guru ini dengan sebaik-baiknya agar dapat menulis untuk menambah bahan kenaikan pangkat. Selain itu juga menulis merupakan sudah menjadi keharusan bagi guru, sehingga budaya literasi berjalan di MAN 2 Bukittinggi. Sesuai dengan ketentuan umum UU No. 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen . Guru Profesional dituntut untuk memiliki kemampuan dalam berbagai aspek. Guru profesional harus memiliki 4 kompetensi yaitu kompetensi kepribadian, kompetensi pedagogik, kompetensi sosial, dan kompetensi profesional. Tidak hanya memiliki kompetensi dalam pembelajaran, tetapi saat ini guru harus mahir dalam hal penulisan karya ilmiah . peningkatan Profesionalisme Guru melalui Penulisan Karya Ilmiah harus ditingkatkan secara simultan dan berkesinambungan agar tercipta ‘’guru penulis’’. Kita lihat selama ini budaya menulis di kalangan guru masih minim. Oleh karena itu, melalui kegiatan kita dapat wadah untuk menerbitkan karya para guru melalui Jurnal di UIN IB Padang.

“Publikasi ilmiah yang dilakukan guru pada dasarnya merupakan wujud dari profesionalisme guru sehingga guru mempunyai wadah untuk menyampaikan gagasannya. Saat ini perubahan kurikulum tidak hanya menuntut siswa menjadi kreatif dan inovatif, namun juga harus mampu menciptakan guru berpikir ilmiah melalui karya ilmiahnya seperti buku, artikel dan karya ilmiah penelitian lainnya. Semoga melalui kegiatan penulisan artikel jurnal dari UIN Imam Bonjol Padang semakin banyak publikasi ilmiah dari guru MAN 2 Bukittinggi, apalagi kedepannya para dosen dari UIN IB akan memandu para guru dan siswa tentang cara penulisan karya ilmiah yang benar. Semoga melalui kunjungan ini terjalin komunikasi dan silaturahmi yang baik sehingga kedepannya akan ada lagi kegiatan serupa untuk MAN 2 Bukittinggi”. Harap Kepala madrasah ini.

Senada dengan itu Deswita, Waka Bidang Kurikulum menyampaikan bahwa pentingnya kompetensi menulis di kalangan guru, sehingga publikasi ilmiah bisa tercipta di MAN 2 Bukittinggi.

“kita sangat apresiasi kunjungan dari Fakultas Ushuludin dan Studi Agama dari UIN IB Padang hari ini. Pengarahan dari para dosen tadi semoga dapat memotivasi guru dalam membuat artikel yang dapat diterbitkan dalam jurnal di perguruan tinggi yang sudah terindek scopus atau sinta. Pemaparan dari para dosen tadi juga luar biasa sekali bahwa artikel ilmiah selain untuk kenaikan pangkat juga bisa mengasah kemampuan menulis guru. Selain itu pihak UIN Ib akan memfasilitasi kita untuk penerbitan artikel di jurnal kampus UIN IB,” papar Deswita. (Yuli/Syafrial)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *