Membimbing Ibadah Sampai Menggendong Jamaah

Bukittinggi_Inmas. Memang hanya sebuah momen, namun sayang jika terus disimpan. Banyak orang yang ingin mengabadikan untuk kemudian dipublikasikan. Ada mereka yang berusaha untuk mendapatkan momen-momen tertentu bahkan memakan banyak waktu. Maka, tiada kata terlambat untuk memuat momen yang satu ini.

Sebagai seorang pembimbing ibadah haji, tim pembimbing tampak sangat sibuk melayani jamaah. Mulai dari daerah semenjak pembekalan, berada di embarkasi, beribadah di tanah suci, bahkan dalam perjalanan pergi dan kembali ke daerah asal.

Ada pemandangan menarik tatkala iring-iringan bus jamaah sampai di embarkasi Padang. Tampak seorang laki-laki menggendong seorang jamaah yang sudah lanjut usia. Saat itu, seluruh penumpang sudah turun dari bus yang membawa mereka. Tapi, apa daya bagi seorang perempuan tua yang tak mampu berdiri dan berjalan. Jangankan untuk turun dari bus, turun dari kursinya saja sudah tidak sanggup. Anaknya yang duduk disebelah mencoba untuk membopong orang tua tersebut namun ia hanya seorang perempuan yang lemah, dan tidak sanggup menggendong orang tuanya.

Allah Maha Besar, dengan sigap seorang laki-laki datang menghampiri dan langsung menggendong orang tua tersebut. Dirangkulnya laksana seorang anak yang sedang menyelamatkan ibunya. Si orang tua terlihat merangkul erat laki-laki yang sedang menggendongnya. Tidak mengatakan apa-apa, namun ada ungkapan rasa dari raut wajahnya.

Di pintu bus telah menanti sebuah kursi roda milik si orang tua, laki-laki tadi mendudukkan orang tua tersebut dengan sangat hati-hati. Masih terisak si anak berterimakasih kepada orang yang telah menolongnya. Si penolong hanya tersenyum sambil menganggukkan kepala. Kemudian si anak berlalu meninggalkan halaman parkir seraya mendorong kursi roda membawa ibunya.

Orang tua tersebut adalah Ibu Jawaher usia 88 tahun asal Kota Bukittinggi yang tergabung dalam kloter 9 embarkasi Padang bersama anaknya Dinda Feroza. Laki-laki tersebut yaitu Bpk. H. Abrar Munanda, M.Ag Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Bukittinggi yang diamanahkan sebagai Tim Pembimbing Ibadah Haji indonesia (TPIHI) 1440 H/ 2019 M.

Saat itu, seluruh bus yang mengangkut jamaah calon haji asal Kota Bukittinggi telah sampai di asrama haji Tabing Padang pada hari sabtu tanggal 13 juli 2019. Dari bus terakhir terlihat H. Abrar Munanda menggendong Ibu Jawaher turun dari bus yang ditumpanginya. (Andreas)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *