Kontingen KSM Kota Bukittinggi Dilepas Menuju Provinsi

Bukittinggi, Inmas–Plt. Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Bukittinggi H. Zulfikar melepas secara resmi kontingen Kompetisi Sains Madrasah (KSM)Kota Bukittinggi untuk bertanding pada KSM Tingkat Provinsi Sumatera Barat, 15 Agustus, 2019 di Padang.

Acara melepas secara resmi tersebut berlangsung di Aula terbuka MTsN 1 Bukittinggi dihadiri Kasi Pendidikan Madrasah, Kepala Madrasah dan sejumlah tamu undangan lainnya Selasa, 13 Agustus.

Dalam arahannya H. Zulfikar meminta kontingen kota Bukittinggi untuk mengeluarkan kemampuan sesuai dengan kompetensi yang dimiliki. “Mari kita bertekad untuk mengeluarkan kemampuan terbaik dalam KSM tingkat Propinsi ini,” Ujar.

Selanjutnya Plt. Kakan Kemenag ini mengatakan bahwa para peserta merupakan siswa yang terbaik dan terpilih diantara ribuan siswa/i Madrasah se-Kota Bukittinggi.

Dalam lomba nantinya soal-soal yang dihadapi pada KSM tingkat Propinsi adalah soal yang terintegrasi antara pendidikan umum dan KeIslaman untuk itu peserta harus bersiap diri dengan matang menghadapinya. “Saat ini pada lomba KSM mata pelajaran umum ditegrasikan dengan Islam karena ilmu agama dan umum tidak dapat di pisahkan. Kita berharap ari 33 utusan ini ada yang berhasil lolos dan menjadi wakil Sumatera Barat di ajang KSM Tingkat Nasional di Kota Manado, Provinsi Sulawesi Utara pada Bulan Oktober mendatang,” tuturnya lagi

Pada kesempatan tersebut Plt Kakan Kemenag ini juga mengucapkan terimakasih kepada seluruh pimpinan madrasah dan guru pembina yang telah bekerja keras mempersiapkan siswa untuk meraih prestasi dibidang Sains.
Sementara itu disisi lain Kasi Penmad Kankemenag kota Bukittinggi Hilaluddin mengatakan 33 peserta utusan Kota Bukittinggi ini merupkan peserta yang terpilih atau lolos dengan mengantongi gelar juara 1, 2 dan 3 pada seleksi KSM ditingkat Kota Bukittinggi beberapa waktu lalu. Peserta tersebut terdiri dari tingkat MI, MTs dan MA. “Untuk tingkat MI 3 siswa mewakili bidang Matematika Terintegrasi, 3 lagi untuk IPA Terintegrasi. MTs, sebanyak 9 peserta yang dibagi tiga untuk tiga bidang lomba yaitu, Matematika Terintegrasi, IPA Terintegrasi dan IPS Terintegrasi. Sementara tingkat MA melibatkan 18 peserta untuk 6 bidang lomba, Matematika Terintegrasi, Biologi Terintegrasi, Fisika Terintegrasi, Kimia Terintegrasi, Ekonomi Terintegrasi dan Geografi Terintegrasi. Masing-masing bidang lomba diwakili tiga orang peserta,” tuturnya

Hilaluddin juga berharap dengan kesiapan fisik dan mental, para utusan Kota Bukittinggi hendaknya mampu membuktikan yang terbaik hingga mendapatkan mandat mewakili Sumatera Barat ke KSM Tingkat Nasional. (Andreas)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *