Pembiasaan Karakter Bagi Siswa MIN 1 Bukittinggi

Bukittinggi Inmas–Pengaruh perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta kemajuan zaman memberikan tidak hanya bedampak sangat positif  bagi generasi penerus, akan tetapi juga bisa berdampak negatif. Dalam rangka membentengi generasi dari pengaruh negatif tersebut maka perlu membentenginya sejak dini, salah satunya menanamkan pendidikan kharakter.

Keluarga besar MIN 1 Bukittinggi dalam menanamkan pendidikan kharakter bagi siswa salah satunya dengan membiasakan shalat dhuha berjama’ah yang awal nya dilakukan setiap Selasa s.d Kamis  (3x seminggu). Semenjak juni 2019 dilakukan 1x seminggu pada hari Selasa karena hari Rabu dan Kamis siswa mengikuti program Tahfiz berkelompok dengan bimbingan 1 guru dengan masing-masing kelompok max 15 siswa. Setelah shalat dhuha berjam’ah dilakukan pembinaan gerakan shalat yang benar serta pendidika keagaman lainya ( tilawah, sari tilawah, azan, qamat, tahfiz, pidato, lagu-lagu islami, puisi dll). Hal tersebut disampaikan Kepala MIN Bukittinggi Elvirahmi kepada Inmas Kamis, 04/09/2019

“Untuk penanaman karakter kepada siswa di MIN Bukittinggi kami melakukannya melalui pembiasaan salah satunya melalui shalat dhuha berjama’ah. Hal ini juga akan memudahkan para guru untuk memberi pembinaan sehabis shalat dhuha tersebut sebab kalau dikelas guru sudah dikejar dengan materi wajibnya menurut silabus. Setelah melaksanakan sholat dhuha berjam’ah para guru juga menyampaikan bahwa banyak sekali yang dapat diupayakan oleh pihak sekolah agar siswa memiliki jiwa dan rohani yang sehat dengan keimanan dan ketakwaan yang melekat pada dirinya,” ungkapnya.

Pembiasaan sholat dhuha berjam’ah merupakan salah satu upaya positif yang dapat dilakukan untuk mengoptimalkan output mental siswa yang berbudaya karakter di samping kegiatan-kegiatan keagamaan lainnya. (Andreas)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *