Usai Pentas PAI Kota Bukittinggi Tinggi Berbenah Diri

Bukittinggi_Inmas. Ajang bergengsi Pekan Keterampilan dan Seni Pendidikan Islam (Pentas PAI) ke-IX yang diadakan di Asrama Haji Tabing Padang, secara resmi ditutup oleh H. Irwan selaku Kabag TU Kanwil Kemenag Provinsi Sumatera Barat.

Terlihat seluruh kontingen dan offisial, harap-harap cemas menunggu keputusan Dewan Hakim yang akan mengumumkan hasil lomba selama tiga hari ini. Begitu juga dengan seluruh peserta asal Kota Bukittinggi antusias menununggu hasil yang sangat mendebarkan tersebut.

Dari 24 Orang kontingen asal Kota Bukittinggi yang berlaga pada Pentas PAI ke IX tingkat Provinsi Sumatera Barat, beberapa diantaranya mengukir prestasi pada ajang dua tahunan tersebut yang berlangsung selama tiga hari di Asrama Haji Padang.

Kegiatan yang berlangsung sejak tanggal 14-16 September itu, telah menjembatani siwa/i asal Kota Bukittinggi menorehkan prestasi di tingkat Provinsi, meskipun belum sesuai dengan harapan yang diinginkan.

Kontingen Kota Bukittinggi berhasil meraih juara pada tiga cabang lomba, yaitu Musabaqah Tilawatil Quran tingkat SMP putra, Lomba Pidato tingkat SMP dan Lomba Cerdas Cermat tingkat SMP.

Pada cabang Musabaqah Tilawatil Quran putra tingkat SMP, Khairul Zaki berada pada posisi kedua setelah Haliman Karim utusan Kabupaten 50 Kota menduduki peringkat pertama dan Habib Brilian asal Kota Padang pada posisi ke-tiga.

Reval N yang berlaga pada cabang Pidato tingkat SMP, harus puas pada posisi ke-tiga setelah kalah bersaing dengan Ihsan Rizki Pratama keluar sebagai pemuncak utusan Kabupaten Pesisir Selatan dan Nauval Kurniawan asal Kota Padang pada posisi ke-dua.

Farel Akbar Portonio, Alif Al Ghifari dan Aulia Rizki Fatani utusan Kota Bukittinggi juga berada pada peringkat ke-tiga cabang Lomba Cerdas Cermat tingkat SMP. Trio Kota Bukittinggi ini, dikalahkan oleh Ardiansyah Maulana dkk asal Kota Padang sebagai juara satu dan Genta Aditya Pratama dkk peraih juara dua asal Kota Padang Panjang.

Berikut 10 besar peringkat Pentas PAI ke-IX TINGKAT Provinsi Sumatera Barat. Juara umum diraih oleh Kota Padang dengan total nilai 37. Juara dua Kabupaten Pesisisr Selatan dengan nilai 22. Juara tiga Kota Payakumbuh yang mengumpulkan nilai sebanyak 21. Peringkat ke-empat Kabupaten Padang Pariaman dengan total nilai 17. Posisi ke-lima diraih oleh Kabupaten 50 Kota dengan nilai 13. Peringkat enam Kabupaten Solok Selatan dengan nilai 12, ketujuh Kabupaten Dharmasraya meraih poin 11, kedelapan Kota Padang Panjang dengan nilai 11, posisi ke-sembilan ditempati oleh Kota Pariaman dengan nilai 10 dan Kabupaten Tanah Datar berada pada posisi ke-sepuluh dengan poin 10. Sedangkan Kota Bukittinggi berada pada posisi ke-empat belas dengan jumlah nilai 5.

Menyikapi hasil perjuangan kontingen pada Pentas PAI IX tahun 2019, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Bukittinggi melalui Plt. Kasi Pais H. Gazali menyampaikan harapan. Semoga dari pengalaman yang telah didapat selama bertarung pada Pentas PAI 2019, kontingen kita terus menambah ilmu dan terus berlatih untuk menjadi yang lebih baik dimasa yang akan datang.

“Kedepannya akan kita tingkatkan pembinaan, pembenahan dan perhatian kepada para kontingen untuk prestasi yang lebih baik pada even-even berikutnya”, ungkap H. Gazali. (Andreas)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *