Satuan Karya Bhayangkara Polres Kota Bukittinggi Lomba Kreatifitas Pramuka Tingkat Penggalang, Siswa/i MTsN 2 Bukittinggi berhasil meraih juara 2

Bukittinggi, Inmas–Siswa/i MTsN 2 Bukittinggi ikut ambil bagian dalam Lomba Kreatifitas (Lomba lintas sejarah, pionering, yel-yel dan tahfiz quran) Pramuka Tingkat Penggalang se Bukitinggi-Agam yang diadakan Satuan Karya Bhayangkara Polres Kota Bukittinggi Minggu, 15/09/2019. Dalam perlombaan tersebut siswa/i MTsN 2 Bukittinggi berhasil meraih juara 2 pada lomba Pionering dan lomba Yel- yel.

Sebelumnya lomba Kreatifitas Pramuka Tingkat Penggalang tersebut diawali dengan Upacara Pembukaan yang dipimpin langsung oleh Majelis Pembimbing Saka Bhayangkara, Kapolres Bukittinggi AKBP. Arly Jembar Jumhana yang diwakilkan oleh Wakapolres Bukittinggi, Kompol. Sumintak.

Wakapolres Bukittinggi, Kompol. Sumintak pada pembukaan menyampaikan Lintas Sejarah adalah bentuk kegiatan lomba dimana setiap regu Pramuka akan melintasi beberapa tempat, benda, bangunan bersejarah seperti Tugu, Kantor dan Sekolah yang memiliki nilai sejarah. Route yang akan dilalui diantaranya mulai dari Mako Polres ke Museum Tri Daya Eka Dharma, Tugu Praja, Tugu Polwan kemudian kembali ke Mako Polres Bukittinggi. Selama dalam kegiatan lintas sejarah, adik-adik Pramuka ini akan mendapat isyarat semaphore sebagai petunjuk kegiatan yang menggunakan sepasang bendera dengan gerakan tertentu. Selain itu mereka juga akan melakukan wawancara kepada masyarakat tentang objek wisata yang ada di Kota Bukittinggi. “Untuk membuat bangunan menara pandang, yang akan dinilai dari kesesuaian sketsa, kekuatan, kerapian bangunan serta kekompakan tim regu. Lalu lomba tahfiz quran adalah lomba menghafal ayat-ayat suci al-quran bertujuan agar adik-adik Pramuka tingkat penggalang tetap memiliki iman yang kuat dengan menghafal ayat suci al-quran meskipun perkembangan teknologi informasi semakin pesat ,” tuturnya.

Sedikitnya ada 15 Sekolah Menengah Pertama di Bukittinggi-Agam yang ikut dalam lomba Kreatifitas Pramuka Tingkat Penggalang Satuan Karya Bhayangkara Polres Kota Bukittinggi tersebut diantaranya MTSN 7 Agam, MTI Canduang, SMPN 3 Ampek Angkek, MTSN 6 Agam, SMPN 2 Bukittinggi, SMP Islam Al-Azhar Bukittinggi, SMP Al-Islah, SMPN 2 Tilatang Kamang, MTSN 1 Bukittinggi, MTSN 2 Bukittinggi, SMPN 1 Banuhampu, SMP Xaverius, SMPN 3 Bukittinggi, MTI Pasia dan MTSN 2 Agam.

Waka kesiswaan MTsN 2 Bukittinggi Maisal, S. Pd yang turut mendampingi siswanya menyampaikan apresiasi dan penghargaan atas prestasi yang diraih para siswanya. “kegiatan ini sangat bermanfaat bagi para siswa apalagi lomba lintas Sejarah yang mana bentuk kegiatannya setiap regu Pramuka melintasi beberapa tempat, benda, bangunan bersejarah seperti Tugu, Kantor dan Sekolah yang memiliki nilai sejarah. Selain sebagai promosi objek wisata juga bertujuan agar mengetahui benda-benda bersejarah yang ada di Kota Bukittinggi baik yang masih terawat ataupun yang terabaikan,” tuturnya.

Sementara itu Kepala MTsN 2 Bukittinggi Fakhri, S. Pd menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas perjuangan para siswanya dalam Lomba Kreatifitas (Lomba lintas sejarah, pionering, yel-yel dan tahfiz quran) Pramuka Tingkat Penggalang se Bukitinggi-Agam yang diadakan Satuan Karya Bhayangkara Polres Kota Bukittinggi. “Berkat latihan dan kegigihan kontingen MTsN 2 Bukittinggi berhasil meraih juara 2 lomba pionering dan Juara 2 lomba yel-yel. Semoga prestasi demi prestasi kedepannya kembali dapat diraih pada event-event berikutnya. Kami juga berharap kepada para siswa dan pelatih agar selalu menanamkan tekad untuk berjuang meraih prestasi demi prestasi dengan prinsip yang teguh sebagai generasi bangsa yang hebat dan bermartabat,” tuturnya menyemangati (Andreas)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *