Sambut Tahun Ajaran Baru, MAN 2 Bukittinggi adakan Lokakarya di Mifan Water Park

Bukittinggi, Humas–Bertempat di Mifan Waterpark Kota Padang Panjang Kakanwil Kemenag Sumbar H.Helmi hadiri Rapat Kerja dan Lokakarya MAN 2 Bukittinggi, Sabtu (10/6/23).

Pada kegiatan tersebut H. Helmi didampingi oleh ketua DWP Kanwil Kemenag Sumbar Hj. Nazifah yang juga pada kesempatan tersebut memberikan dukungannya atas prestasi MAN 2 Bukittinggi melaju ke tingkat provinsi sebagai Sekolah Siaga Kependudukan tahun 2023. Lokakarya ini semakin sempurna dengan turut hadir Kankemenag kota Bukittinggi H. Eri Iswandi beserta ketua DWP kemenag kota Bukittinggi Ny. El Eri Iswandi.

Raker dan Lokakarya MAN 2 Bukittinggi dihadiri oleh Kepala MAN 2 Bukittinggi Amri J, kepala Tata Usaha Maizefri, ketua Komite MAN 2 Bukittinggi M. Syukur, tenaga pendidik dan kependidikan. Kegiatan yang berlangsung 2 hari tersebut dari tanggal 10- 11 Juni 2023 tersebut mengagendakan berbagai kegiatan seperti laporan capaian tahunan wakil kepala madrasah, kepala pustaka, kepala labor, rencana madrasah untuk TA 2023- 2024 seperti implementasi Kurikulum merdeka, pemilihan wakil kepala madrasah dan outbond.
Raker dan lokakarya dimulai dengan laporan ketua pelaksana dari Wakil Kepala bidang Kurikulum yaitu Deswita yang menyampaikan bahwa MAN 2 Bukittingggi siap mengimplementasikan kurikulum merdeka, semua guru mapel wajib mengintegrasi kependudukan, adiwiyata, sadar bencana dalam mata pelajaran serta dalam kegiatan ekskul dan keterlibatan semua guru dalam pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan Lil ‘Alamin sesuai ciri madrasah.serta menyampaikan Pembacaan dasar hukum pelaksanaan kurikulum merdeka pada TA 2023- 2024.

Dalam pembukaan acara kepala MAN 2 Bukittinggi Amri J menyampaikan pentingnya mengadakan kegiatan Lokakarya ke luar madrasah, hal ini tidak hanya untuk program madrasah dalam implementasi kurilukum merdeka, tapi lebih dari itu dapat meningkatkan silaturahmi sehingga semakin mengakrabkan keluarga besar MAN 2 Bukittinggi.

‘’ Kita komitmen untuk mengimplementasikan kurikulum merdeka untuk TA 2023- 2024, semua tenaga pendidik dan kependidikan sudah dilatih oleh ahlinya pada tanggal 27- 28 April lalu. Untuk mempersiapkan realisasinya Tim Pengembang Kurikulum juga sudah menyusun Kurikulum Operasional Madrasah (KOM). Dalam pelaksanaannya sudah diserahkan kemerdekaan kepada madrasah masing- masing sesuai dengan kriteria dan keunggulan madrasah kita. Dalam raker dan lokakarya ini kita harus juga membuat kesepakatan untuk hari kerja karena ini berkaitan dengan KOM tersebut. Semua tenaga pendidik dan kependidikan harus ikut mewujudkan dan jaga komitmen untuk merancang arah MAN 2 Bukittinggi kedepannya. Berdasarkan data kehadiran hari ini tercatat 83 peserta yang hadir, dengan kita adakan di luar madrasah agar peserta konsentrasi dan dapat menyampaikan ide- ide terbaiknya untuk madrasah kita kedepannya. Untuk kelas X TA 2023- 2024 kita menerapkan kurilukum merdeka, dalam hal ini sangat berbeda dengan kurikulum 2013. Berdasarkan data PPDB tahun 2023 tercatat 355 siswa baru, sesuai dengan tuntutan dalam kurikulum merdeka siswa baru sebelum memasuki kelasnya , tim BK harus mengadakan tes diagnostik sehingga setiap siswa memiliki catatan riwayat awal yang lengkap. Tujuannya dalam PBM kita dapat melaksanakan pembelajaran yang berdiferensiasi,” ungkap Amri J.

Pada kesempatan tersebut kepala MAN 2 Bukittinggi juga menyampaikan beberapa capaian MAN 2 Bukittinggi semenjak penempatannya dari Agustus 2022. Selama 9 bulan kepemimpinannya sudah banyak perubahan fisik madrasah serta prestasi yang dihadirkan. Setiap bulannya selalu saja ada prestasi yang diraih siswa MAN 2 Bukittinggi mulai dari tingkat kota Bukittinggi ,provinsi dan nasional . Begitu juga dengan capaian angka masuk jalur undangan 81,25% SPAN PTKIN dan Seleksi Nasional 22 siswa.

‘’Bapak ibu peserta lokakarya masa lalu adalah pelajaran, masa depan adalah harapan. Mari kita merencanakan masa depan yang lebih baik untuk MAN 2 Bukittinggi dengan berbagai pembaharuan mental dan pola pikir. Tempat lokakarya yang tenang dan sejuk ini semoga dapat memberikan inspirasi bagi kita semua dalam merencanakan program madrasah kita kedepannya sesuai harapan,” harap kepala madrasah ini. (Yuli/Syafrial)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *