Project Leader H. Abrar Munanda Serahkan Dokumen Monitoring Proyek Perubahan

Bukittinggi, Inmas–Kepala Kankemenag kota Bukittinggi  ( Project leader H. Abrar Munanda) menyerahan dokumen monitoring proyek perubahan tentang optimalisasi pelayanan publik berbasis Sistem Informasi Manajemen Pelayanan Unggul (SIMPUL) kepada Tim Monitorinng  H. Aden Daenuri (Kabid Diklatpim) Balitbang Pusdiklat Kementerian Agama Republik Indonesia Selasa (02/10).

Penyerahan dokumen tersebut dilakukan setelah sebelumnya mendengarkan ekpose yang disampaikan Project leader H. Abrar Munanda di hadapan im Monitorinng  dan seluruh ASN di Jajaran Kankemenag Kota Bukittinggi senin (01/10).

Pada kesempatan tersebut pada Inmas, Kepala Kankemenag kota Bukittinggi kembali menyampaikan segudang manfaat yang bisa diambil dari penerapan Aplikasi SIMPUL tersebut, antara lain dapat memudahkan pelayanan public dalam waktu yang singkat dan tepat serta tampa biaya, meminimalisasi/ menutup peluang KKN, sebagai bagian penting dari delapan area perubahan reformasi birokrasi, meningkatkan citra Kementerian Agama, mendukung terwujudnya zona integritas, mendukung terealisasinya WBK dan WBBM di Kementerian Agama, jangkauannya mencapai masyarakat luas.”SIMPUL juga mempunyai makna filosofis yang mengandung arti ikatan yang menunjukan bahwa seluruh ASN  di lingkungan Kankemenag Kota Bukittinggi terikat dalam kesatuan dan kekompakan untuk berkomitmen melaksanakan pelayanan publik yg tertuang dalam maklumat pelayanan yang ditetapkan. Selain itu SIMPUL juga berarti gabungan, yaitu seluruh layanan publik di Kankemenag Kota Bukittinggi tergabung kedalam sebuah aplikasi yang dinamai dengan SIMPUL”, tuturnya.

H. Abrar kembali menyampaikan terimakasih atas dukungan semua pihak, khususnya Kakanwil Kemenag Provinsi Sumatera Barat sekaligus sebagai mentor beserta seluruh jajarannya yang selalu memberi memotivasi, membimbing dan dukungan terhadap terciptanya layanan berbasis online tersebut di Kota Bukittinggi.

“Sistem Informasi Manajemen Pelayanan Unggul (SIMPUL) merupakan pengembangan sebagai generasi kedua setelah PTSP di Kankemenag Kota Bukittinggi sekaligus sebagai proyek perubahan dalam Diklat PIM III yang di ikuti. Peluncuran Aplikasi SIMPUL ini sebagai optimalisasi pelayanan publik di Kankemenag Kota Bukittinggi. Selama ini masyarakat antrian untuk dilayani di loket PTSP dan membutuhkan waktu yang agak lama, dengan adanya SIMPUL masyarakat semakin dipermudah, cukup mengakses Website bukittinggikota.Kemenag.go.id/simpul ,kemudian menguploud semua syarat-syarat yang diminta maka masyarakat akan terlayani dengan baik. Yang biasanya masyarakat bisa berulang-ulang dalam satu urusan ke Kankemenag sekarang dengan SIMPUL cukup satu kali untuk verifikasi data khusus layanan TPG Guru dan layanan Haji/Umrah. Sedangkan untuk konsultasi Keagamaan online dan data keagamaan cukup melalui website saja,” jelasnya. (Syafrial)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *