Khatam Qur’an Lansia Mendapat Respon Positif Masyarakat kota Bukittinggi

 

Bukittinggi,Inmas–kegiatan Khatam Qur’an Lansia Ke II Kelompok Lansia Mengaji Assunnah Sarojo  Kel. Campago guguk Bulek telah berakhir beberapa waktu yang lalu. Kegiatan tersebut mampu  menggugah hati peserta untuk terus belajar serta mampu memotivasi masyatakat sekitarnya untuk ikut memperdalam ilmu Al-Qur’an. Salah satunya menumbuhkan keinginan masyarakat untuk ikut bergabung bersama kelompok Lansia Mengaji Assunnah. Hal tersebut disampaikan Rusman Edi (Penyuluh Agama Islam Fungsional Kankemenag kota Bukittinggi sekaligus Pembina Lansia Mengaji Assunnah Sarojo) Kamis, 13/12.

“Baru selesai pawai muncul beberapa keinginan masyarakat untuk bergabung  belajar Al-Qur’an bersama dengan peserta khatam Qur’an lansia tersebut. Keinginan tersebut ada yang mengungkapkan ke pada peserta khatam dan ada pula yang langsung meminta kepada pembina,” tuturnya.

Dilihat dari hal diatas, ini sebagai pertanda bahwa program kepenyuluhan yang dilakukan oleh Mantan Penyuluh Agama Islam Teladan sumatera Barat tahun 2016 selama ini berjalan dengan sukses dan patut untuk di tingkatkan sebagai salah satu bentuk pemberdayaan masyarakat khususnya Lansia.

Pengurus masjid Al-Furqan Sarojo tempat kegiatan Khatam tersebut di laksanakan merasa bangga atas adanya kegiatan pembianaan Lansia di Sarojo Kel. Amapago guguk bulek dengan sepakat menyarankan supaya kegiatan ini di pusatkan di Masjid sebagai basis sentral Nagari. “Pengurus masjid akan memfasilitasi semua keperluan sarana dan prasarana yang di butuhkan dalam kegiatan pembinaan Lansia tersebut seperti ruang belajar dan sarana lainnya. Karena kegiatan selama ini dilakukan di sebuah pondok bambu beratapkan rumbia yang berukuran 4x 8 meter yang terletak di atas tanah masyarakat. Walaupun pondok bambu dalam bentuk yang sangat sederhana ini namun semangat peserta untuk belajar al-qur’an dan perhatian masyarakat perlu di banggakan,” tuturnya.

Penampilan peserta Khatam Lansia sangat menggembirakan dalam artian peserta mampu membaca Al-Qur’am dengan baik. Hal ini disampaika Dewan Hakim pada khatam Al-Qur’an tersebut Salman Syam seorang Qari Kota Bukittinggi dan juga pengurus Ikatan Qari Qariah / Hafizh hafizha(IPQAH). (syafrial)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *