“1st Home Tournament PB Tsansa, Tahun 2020” MTsN 1 Bukittinggi Lawan Covid-19


Bukittinggi, Humas–Dalam rangka melawan Covid-19, MTsN Bukittinggi menggelar pertandingan bulutangkis yang bertajuk “1st Home Tournament PB Tsansa, Tahun 2020.”  yang pelaksanaannya dilakukan sejak tanggal 6 s.d. 19 Agustus 2020.

Kepala MTsN 1 Bukittinggi Hj. Eva Anggraini kepada Humas Sabtu (22/08/2020) mengatakan. “Turnamen bulutangkis ini dilakukan dalam rangka menjaga daya tahan tubuh dalam menghadapi Covid-19. Walaupun di masa pandemi Covid-19, kegiatan olahraga ternyata sangat diperlukan. Selain untuk kesegaran dan kebugaran, dengan berolahraga, sistem imun tubuh akan meningkat,” tuturnya.

Selanjutnya Hj. Eva Anggraini menyampaikan bahwa “Olahraga sangat membantu mendukung sirkulasi darah dengan baik. Kondisi ini memungkinkan sel-sel kekebalan tubuh melakukan fungsinya dengan baik,” tuturnya meneruskan pendapat Frankie Brogan, Ahli Nutrisi Senior di Pharma Nord, UK.

Mengingat keadaan, tentu saja durasi, intesitas, dan lokasi kegiatan olahraga lebih terbatas dibandingkan dalam keadaan normal. Sebaiknya, durasi olahraga yang dilakukan dibatasi sekitar 30 s.d. 60 menit. Intesitasnya yang dianjurkan adalah sekitar tiga atau empat kali dalam seminggu. Selain itu, tempat atau lokasi juga dibatasi hanya dalam lingkungan sendiri. Lokasi itu pun sebelumnya harus dipastikan aman.

Hj. Eva Anggraini juga mengatakan pertandingan tersebut juga diadakan untuk memperingati HUT Kemerdekaan RI yang ke-75 dan tahun baru 1442 Hijriah.

Pertandingan dilakukan di lapangan bulutangkis sendiri di halaman belakang tempat upacara bendera. “Alhamdulillah, walaupun tidak ada dinding, lapangan tersebut sudah ada atapnya. Jadi, kalau ada angin semilir-semilir, itu dianggap biasa, pertandingan tetap dilanjutkan,” katanya lagi.

Ka. Kankemenag Kota Bukittinggi H. Kasmir sangat mengapresiasi ide yang dilakukan MTsN 1 Bukittinggi, dalam menjaga daya tahan tubuh di masa Covid-19, salah satunya melalui olahraga.

“Dimasa pandemi Covid-19 ini kita harus menjaga keseimbangan tubuh salah satunya melalui olahraga untuk menjaga daya tahan tubuh supaya imun tidak menurun. Walaupun demikian kami menghimbau untuk tetap memperhatikan protokol kesehatan, cuci tangan dan jaga jarak. Mudah-mudahan Covid-19 ini cepat berlalu,” harapnya.

Para peserta kegiatan ini terdiri dari pendidik dan dan tenaga kependidikan yang laki-laki di lingkungan MTsN 1 Bukittinggi.  Jumlah peserta tersebut sebanyak 12 orang bermain ganda sehingga menjadi enam pasang pemain.
Pemain tampak begitu semangat dan antusias mengikuti pertandingan. Apalagi adanya hadiah yang diberikan oleh beberapa sponsor. Para pemain semakin termotivasi untuk meraih prestasi tapi tetap menjaga sportivitas dan rasa kekeluargaan.

Sponsor tersebut di antaranya Aulia Teknik, Ria Bangunan, AA Com, Citra Terampil Komputer, Bukit Jelita Sport, Milo: Minuman Energi, dan lain-lain.

Suasana bertambah “heboh” oleh kehadiran ibu-ibu pendidik dan tenaga kependidikan. Selain menjadi suporter, mereka juga “berbulutangkis ria” tanpa net atau istilah Minangnya  “main tokok-tokok” di samping lapangan bulutangkis tersebut.

Berdasarkan hasil pertandingan yang memakai sistem kompetisi penuh, juara I diraih oleh pasangan Ahmad Dirfian dan Zulfikar. Juara II diraih oleh pasangan Ilham dan Nova Zamri. Juara III diraih oleh pasangan Joni Efrizal dan Hendra. Harapan I diraih oleh Pasangan Annizaf dan Azwarman. Harapan II diraih oleh pasangan Event dan Budi. Harapan III diraih oleh pasangan Hendri dan Edward. (Nz/Syafrial)





























Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *