Moderasi Beragama Terapkan Revitalisasi Khazanah Masjid Dan Mushalla

Bukittinggi, Inmas–Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Bukittinggi, H. Kasmir mendampingi Kepala Kantor Wilayah Kemenag Provinsi Sumatera Barat, H. Helmi yang tengah melakukan kunjungan dan menghadiri beberapa kegiatan di Kota Bukittinggi. Kamis, 24 Maret 2022.

Helmi menghadiri acara pengukuhan pengurus kelompok kerja penyuluh (Pokjaluh) sekaligus menjadi pemateri pada kegiatan penguatan moderasi bergama kepada penyuluh agama islam se Kota Bukittinggi. Pada kegiatan yang diselenggarakan di Aula Madrasah Aliyah Negeri 2 Bukittinggi tersebut, H. Helmi memaparkan materi Revitalisasi Khazanah Surau yang disebut dengan Prokes (Program Ke Surau).

“Pelaksanaan sosialisasi dan penguatan moderasi beragama melalui program revitalisasi khazanah surau merupakan kegiatan Kanwil Kemenag Sumbar dalam menyikapi moderasi beragama sebagai faktor penunjang pembangunan nasional yang termaktub dalam Perpres Nomor 18 Tahun 2020,” terang H. Helmi

“Adapun maksud dan tujuan revitalisasi Surau adalah untuk meningkatkan semangat beribadah umat di Surau melalui keharmonisan dalam masyarakat. Mengembalikan fungsi Surau sebagai aktivitas masyarakat sebagai tempat berkumpul, silaturahmi dan komunikasi. Sebagai tempat pendidikan informal masyarakat dan penguatan ekonomi berbasis Surau,” imbuhnya

“Sebanyak 19 Orang Penyuluh Agama Islam Fungsional di tambah 1 Orang Penyuluh Agama Islam Fungsional Kanwil Provinsi Sumatera Barat akan di SK kan menjadi koordinator Gerakan Penyuluh Agama Islam Nampak Di Masjid (Penamas) pada 1 Masjid raya Provinsi dan 19 Masjid agung Kabupaten/Kota dengan struktur kelompok akan diatur dalam pedoman kegiatan Penamas,” ulasnya

Lebih lanjut H. Helmi menyampaikan beberapa kegiatan Penamas pada beberapa bidang, yaitu Bidang Madrasah, Bidang Pontren, Bidang Urais, Bidang PHU dan Bidang PAI.

Setelah memberikan materi pada kegiatan penguatan moderasi beragama kepada penyuluh, Kakanwil Kemenag Sumbar, H. Helmi didampingi Kakan Kemenag Kota Bukittinggi, H. Kasmir dan Kasubbag TU, H. Zulfikar  melakukan kunjungan ke MTsN 2 Bukittinggi sekaligus melakukan komunikasi langsung dengan panitia ujian madrasah yang di dampingi oleh Kepala MTsN 2 Bukittinggi, Fakhri.

Setelah itu, H. Helmi melakukan kunjungan ke MAN 2 Bukittinggi untuk meninjau 2 gedung baru, yaitu gedung kelas dan gedung praktek pembelajaran. Kakanwil menyampaikan terimakasih dan mengapresiasi semua pihak yang telah berkontribusi nyata dalam pengembangan pembangunan gedung MAN 2 Bukittinggi serta berharap semoga bermanfaat bagi warga madrasah dan masyarakat dalam meningkatkan mutu pendidikan.

Kegiatan Kakanwil yang didampingi Kakan Kemenag Kota Bukittinggi berlanjut pada acara Rapat Koordinasi Dan Evaluasi Pengelolaan PNBP NR Tahun 2022 di Royal Denai Hotel Bukittinggi.
(Andreas)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *