45 Siswa MAN 2 Bukittinggi ikuti ANBK tahun 2022

Bukittinggi, Humas–Asesmen Nasional Berbasisi Komputer (ANBK) merupakan sebuah program evaluasi yang diselenggarakan oleh Kemdikbud. adapun tujuan program tahunan ini adalah untuk meningkatkan mutu pendidikan dengan memotret input, proses dan output pembelajaran di seluruh satuan pendidikan.

ANBK ini dapat mengukur literasi membaca dan numerasi siswa di sebuah satuan pendidikan. Dalam pelaksanannya masih memakai sistem sampling yang dianggap dapat mewakili semua jurusan di sebuah madrasah. Tahun 2022 ini sebanyak 45 siswa kelas XI yang terdiri dari jurusan IPA, IPS, dan IPK mengikuti ANBK selama 2 hari dari tanggal 29 – 30 Agustus yang bertempat di Labor Komputer MAN 2 Bukittinggi.

Fadhila selaku operator menyampaikan’’ siswa yang mengikuti ANBK 2022 tahun ini sebanyak 45 sisw yang kami bagi jadi 2 sesi yaitu sesi pagi dan sesi siang. Adapun kompetensi yang akan dites adalah kemampuan literasi dan numerasi serta survey karakter dan lingkungan belajar. Kami selaku operator menyingkronkan data siswa ke dalam web ANBK, sehingga dapat mempermudah jalannya asesmen ini. Alhamdulillah sampai hari kedua ANBK berjalan lancar dan siswa tampak semangat hingga siang ini’’. jelas Fadhila.

Selain Fadhila, Wakil Kepala Bidang Kurikulum, Deswita menyampaikan’’ Alhamdulillah ANBK 2022 di MAN 2 Bukittinggi berjalan lancar, walau masih sampling namun kami percaya hasilnya sangat bermanfaat bagi peningkatan kualitas pendidikan di madrasah ini. Selama 2 hari ini bapak kepala terus memantau kegiatan ini secara langsung, dengan kehadiran bapak di labor TIK pagi tadi memberikan semangat tersendiri bagi peserta . Ada 2 macam literasi yang dites dalam ANBK ini yaitu kemampuan literasi dan numerasi. Hal ini  memang sangat diperlukan untuk siswa apalagi setelah ini saat siswa di kelas XII mereka akan memasuki perguruan tinggi. Tentu tes ini sangat berguna untuk bahan refleksi juga baik bagi madrasah . Banyak hal yang dapat dilakukan guru kedepannya melihat hasil tersebut, apalagi kompetensi literasi dan numerasi merupakan kompetensi yang sangat penting dimiliki seorang siswa. Melalui tes ini akan tercipta siswa yang mampu berpikir kritis, analisis serta memiliki pola pikir yang terarah. Misalnya dalam literasi dan numerasi akan tercipta siswa yang mampu menyelesaikan masalah dengan bijaksana yang relevan dengan keadaan serta mampu berkontribusi untuk semuanya,” jelasnya.

Amri.J, Kepala MAN 2 Bukittinggi menyampaikan ‘’ MAN 2 Bukittinggi mendukung pelaksanaan ANBK 2022, keikutsertaan 45 siswa kita semoga dapat menggambarkan keadaan kompetensi siswa kita. Sehingga madrasah juga memiliki bahan refleksi dalam meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi siswa serta survey karakter dan lingkungan belajar. Semuanya memiliki saling keterkaitan satu sama lain, apalagi saat ini kita lihat pemerintah sangat serius dalam pembinaan karakter. Banyak program yang dibuat untuk pembinaan karakter ini salah satunya dalam kurikulum merdeka belajar yang akan berlaku tahun depan melalui program P5 yaitu Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Semoga dengan program ANBK dapat meningkatkan kompetensi siswa dalam literasi dan numerasi di MAN 2 Bukittinggi.’’Harap Amri.J.(Yuli/Syafrial)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *