MAN 2 Bukittinggi Ikut Ramaikan Gerak Jalan Santai Kerukunan Tahun 2022 Di Bukittinggi

Bukittinggi, Humas–Indonesia sebagai negara multikultural mempunyai keanekaragaman suku, bangsa, agama dan budaya yang banyak. Keberagaman tersebut lahir dan tumbuh di bumi nusantara ini dan menjadi kekayaan bangsa yang harus dijaga dan dipelihara.

Salah satu kemajemukan  yang ada di kota Bukittinggi adalah tumbuh dan berdampingan masyarakat hidup di tengah perbedaan agama. Walaupun mayoritas penduduk di kota Bukittinggi muslim, namun tidak pernah ada konflik berbau agama terjadi.

Oleh karena itu perlu mengenalkan dan membiasakan toleransi tersebut kepada generasi muda agar kedepannya tidak ada konflik- konflik karena perbedaan agama. Salah satu acara rutinan yang dapat mengajak dan membaurkan perbedaan di tengah masyarakat melalui Gerak Jalan Santai Kerukunan yang diusung oleh Forum Kerukunan Umat Beragama Kota Bukittinggi. Puluhan Siswa/i MAN 2 Bukittinggi ikut ambil bagian sekaligus meriahkan acara Gerak Jalan Santai tersebut pada Minggu (28/8). Acara ini mengambil rute dari Jalan Sudirman depan Lapangan Kantin kota Bukittinggi hingga Pasar Atas dan kembali lagi ke Jalan Sudirman.

Sebagai penambah semarak dalam acara ini juga ada pembagian doorprize untuk peserta. Sebanyak 40 orang siswa MAN 2 Bukittinggi yang ikut ambil bagian dalam memeriahkan acara tersebut terdiri dari perwakilan kelas serta OSIM.

Efa Zariani sebagai guru pendamping menceritakan. ’’Alhamdulillah siswa tampak semangat sekali dan pada acara tersebut sebanyak 20 siswa mendapatkan doorprize. Melalui gerak jalan santai kerukunan ini kita berharap terjalin rasa persaudaraan dan keakraban dengan saudara kita yang berlainan agama. Tak kenal maka tak sayang, agar rasa saling menyayangi dan menghargai itu tercipta perlu kita menjalin keakraban salah satunya dengan acara seperti ini. Semoga melalui kegiatan yang di gagas FKUB Kota Bukittinggi ini dapat semakin memupuk semangat Bhinneka Tunggal Ika di Kota Bukittinggi dan tetap eksis sampai nanti’’. Harap Efa.

Senada dengan Efa Kepala MAN 2 Bukittinggi Amri.J, menyampaikan ‘’melalui gerak jalan santai FKUB diharapkan siswa MAN 2 Bukittinggi menjadi generasi yang memiliki semangat toleransi yang tinggi. Indonesia adalah negara yang indah karena perbedaan dalam masyarakatnya, termasuk perbedaan agama dan keyakinan. Toleransi harus diajarkan, ditumbuhkan dan dipupuk agar negara kita tetap tumbuh di tengah kemajemukan. Generasi muda harus dibiasakan untuk mampu hidup ditengah perbedaan. Semangat ini sesuai dengan himbauan Kementerian Agama tentang Moderasi Beragama yang terus gencar disosialisasikan dalam berbagai kesempatan’’. Ungkap Amri.J. (Yuli/Syafrial)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *