MTQ Nasional Ke 41 Tingkat Kota Bukittinggi Resmi Dibuka, Kakanwil Kemenag Provinsi Sumbar Apresiasi Pemko

Bukittinggi, Humas–Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional ke-41Tingkat Kota Bukittinggi di buka secara resmi. Pembukaan kegiatan MTQ Tingkat Kota Bukittinggi yang akan berlangsung selama 2 Hari (Jum’at-Sabtu/09_10 Februari 2024) tersebut ditandai dengan pemukulan bedug oleh  Walikota Bukittinggi, H. Erman Safar bersama Kepala kanwil Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat diwakili Kabid Urais Binsyar, H. Edison, Ketua DPRD Kota Bukittinggi, Beni Yusrial  dan Tokoh Masyarakat, Jum’at (09/02) di Lapangan Wirabraja (Lapangan Kantin).

Turut hadir pada acara pembukaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional ke-41 tingkat Kota Bukittinggi ini
Kakan Kemenag, H. Eri Iswandi unsur Forkopimda, Niniak Mamak, Bundo Kanduang dan sejumlah tamu undangan lainnya.

Sekretaris Daerah Kota Bukittinggi, H. Martias Wanto, selaku Ketua LPTQ Bukittinggi, menjelaskan, MTQ Nasional ke 41 Tingkat Kota Bukittinggi ini, mengangkat tema, “Kita bangun generasi qur’ani yang cerdah dan berakhlakul karimah menuju Bukittinggi hebat”. Kecamatan Aur Birugo Tigobaleh dipercaya sebagai tuan rumah MTQ, dengan peserta 348 orang. Terdiri dari 119 orang kafilah Kecamatan Aur Birugo Tigo Baleh, 110 orang Kafilah Kecamatan Mandiangin Koto Selayan dan 119 orang kafilah Kecamatan Guguk Panjang.

Walikota Bukittinggi, H. Erman Safar, menyampaikan, kegiatan Musbaqah Tilawatil ini untuk meningkatkan minat dan juga melatih bakat dari generasi muda agar kelak lebih peka dan mampu meningkatkan iman serta nilai spiritual.

Wako menambahkan, Kota Bukittinggi tahun 2025 akan menjadi tuan rumah MTQ Nasional tingkat Provinsi Sumatera Barat. Ini tentu merupakan sebuah kesempatan yang membanggakan bagi Kota Bukittinggi dan tentunya perlu support dari seluruh masyarakat, agar sukses penyelenggaraan dan sukses prestasi.

Sementara itu Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat diwakili Kabid Urais Binsyar menyampaikan apresiasi kepada Pemko  dan LPTQ Kota Bukittinggi menjadi yang pertama mengelar MTQ tahun 2024 Kabupaten/Kota Se-Sumatera Barat.

“Selamat kepada Pemko dan LPTQ Kota Bukittinggi yang pertama menggelar MTQ pada tahun 2024. Kami menyampaikan apresiasi atas peningkatan prestasi Kafilah MTQ Kota Bukittinggi dalam MTQ tingkat Provinsi,” tutur Kabid Urais Binsyar ini memberikan apresiasi.

Selanjutnya H. Edison menyampaikan “Dengan dilaksanakannya MTQ Ke-41 Tingkat Kota Bukittinggi saat ini dapat dijadikan ajang untuk menyiapkan kafilah yang potensial dari awal apalagi Kota Bukittinggi ditunjuk sebagai tuan rumah pelaksanaan MTQ Nasional Ke-41 sesuai hasil rapat di Kabupaten Solok Selatan beberapa waktu lalu. Kami yakin dengan bantuan tokoh Qari/Qori’ah Kota Bukittinggi Pemko dan LPTQ Kota Bukittinggi akan dapat menyiapkan Kafilah lebih baik lagi,” jelasnya.

Pada kesempatan tersebut H. Edison juga menyampaikan apresiasi atas terjalinnya kerjasama Kementerian Agama Kota Bukittinggi melalui MoU dengan Dinas Dukcapil tentang pelaksanaan Nikah, MoU dengan Dinas Kesehatan tentang reproduksi keluarga dan MoU dengan Dinas P3APPKB terkait sekolah keluarga.

Selain itu Kabid Urais ini juga menyampaikan apresiasi dan terimakasih atas bantuan Pemerintah Kota Bukittinggi kepada Kementerian Agama berupa bantuan insentif Guru TPQ, MDTA dan Pondok Pesantren dan Bantuan Kendaraan Dinas Untuk Kepala KUA Kecamatan Kota Bukittinggi. (Syafrial)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *