Tiga Orang CPNS Kankemenag Kota Bukittinggi Ikuti Seminar Rancangan Aktualisasi Di Balai Diklat Keagamaan Padang

Bukittinggi, Inmas–Setiap peserta LATSAR diwajibkan membuat rancangan aktualisasi untuk mendidik peserta menerapkan nilai-nilai dasar ASN dalam menjalankan tugasnya sebagai sebagai pelayan masyarakat yaitu Akuntabilitas, Nasionalisme, Etika, Komitmen Mutu, dan Anti Korupsi atau yang kerapbdi sebut ANEKA.

kegiatan tersebut dilakukan dengan menerapkan nilai-nilai ANEKA yang mereka dapatkan selama mengikuti kegiatan on campus, kemudian dipaparkan dalam seminar rancangan aktualisasi di hadapan penguji dan didampingi coach beserta mentor, sebelum mereka memasuki tahap off campus untuk mengaktualisasikan ANEKA dalam pekerjaan di instansi tempat mereka bekerja. Rancangan aktualisasi ini dimulai dengan menganalisis isu-isu, dilanjutkan dengan menentukan isu utama yang akan diangkat, membuat rencana dan tahapan kegiatan yang akan dilakukan, dan membuat time line kegiatan.

Bagi CPNS yang berasal dari Kantor Kementerian Agama Kota Bukittinggi pelaksanakan aktualisasi tersebut di awasi langsung oleh Ka. kan Kemenag Kota Bukittinggi H. Abrar Munanda agar memperoleh hasil yang maksimal.

H. Abrar Munanda selaku mentor langsung dari tiga orang CPNS asal Kankemenag kota Bukittinggi tersebut menegaskan bahwa seluruh isu yang di angkat harus di selesaikan secara profesional dan penuh tanggung jawab yang diselaraskan dengan nilai-nilai Budaya Kerja Kemenag RI serta nilai ASN. “Aktualisasi dimaksudkan untuk mendidik peserta menerapkan nilai-nilai dasar ASN dalam menjalankan tugasnya sebagai sebagai pelayan masyarakat yaitu Akuntabilitas, Nasionalisme, Etika, Komitmen Mutu, dan Anti Korupsi,” tuturnya.

H. Muhamad Nur (Kakan Kemenag Kota Pariaman) selaku penguji dalam seminar rancangan Aktualisasi tiga orang CPNS asal Kankemenag kota Bukittinggi Jum’at, 15/11/2019 bertempat di Balai Diklat Keagamaan Padang memberi beberapa tantangan agar kegiatan aktualisasi ini dapat memberi manfaat secara berkelanjutan.

Sementara itu Coach Aprianto selaku pelatih sangat mengapresiasi penampilan asuhannya yang telah mampu menyelesaikan rancangan aktualisasi sesuai dengan ketentuan yang diharapkan.

Salah seorang peserta LATSAR Andreas Chandra Prahum Kemenag kota Bukittinggi mengucapkan terimakasih atas tantangan yang diberikan oleh penguji, bimbingan serta arahan dari Ka. kankemenag Kota Bukittinggi dan bimbingan serta asuhan dari Coach Aprianto. Hal tersebut disampaikan usai menyajikan rancangan Aktualisasinya dengan judul “Pembuatan Video Profil Untuk Pelayanan Informasi Publik Pada Kantor Kemenag Kota Bukittinggi” (Andreas)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *