Matsama Di MAN 2 Bukittinggi Berjalan Lancar

Bukittinggi, Humas–Masa Ta’aruf Siswa Madrasah atau Matsama merupakan ajang pengenalan lingkungan madrasah terhadap siswa baru baik dari segi aturan, budaya madrasah, program madrasah dan lain sebagainya. Kegiatan Matsama ini berlangsung dari Rabu hingga Jumat (15 /7).

“Untuk MAN 2 Bukittinggi pelaksanaan Matsama berjalan lancar. Agenda hari ketiga diisi dengan pengenalan program ekskul di MAN 2 Bukittinggi. Terpantau selama tiga hari ini siswa baru dengan semangat dan antusias mengikuti kegiatan tersebut mulai dari pagi hingga siang hari,” tutur Nelma Hasni selaku waka kesiswaan.

Selanjutnya kata Waka Kesiswaan MAN 2 ini ‘’Ada sebanyak 366 siswa baru pada Tahun Ajaran Baru 2022/2023 yang mengikuti Matsama di MAN 2 Bukittinggi. Kami mengagendakan kegiatan selama tiga hari dimulai dari Rabu hingga Jumat. Pada hari pertama Matsama dibuka langsung oleh bapak Kakan Kemenag Kota Bukittinggi dan sekaligus pengalungan kokarde kepada siswa baru. Selain dibuka oleh Kankemenag kota Bukittinggi , pada hari kedua siswa baru juga mengikuti pembukaan Matsama 2022 oleh Kakanwil Kemenag Sumbar melalui zoom meeting, “jelasnya.

Kata Nelma lagi menjelaskan bahwa pada hari ketiga Jum’at (15/07) ini dilanjutkan dengan pengenalan berbagai program ekskul yang ada di MAN 2 Bukittinggi. “Kita berharap dengan berbagai agenda selama Matsama siswa baru cepat beradaptasi dan berkenalan dengan seluruh civitas akademika di madrasah . Semoga semua siswa baru juga ingat pesan bapak Kankemenag saat pembukaan hari pertama bahwa semua siswa wajib menjaga nama baik madrasah dimana saja berada. Melalui pembekalan moderasi beragama siswa madrasah juga harus memiliki toleransi yang tinggi terhadap perbedaan yang ada sehingga kedepannya akan tercipta siswa madrasah yang inteletual moderat,” harap Nelma.

Senada dengan pesan Kakan Kemenag Kota Bukittinggi Rabu lalu, Plt. Kepala MAN 2 Bukittinggi Fadhlina Syarif menyampaikan. “Kepada semua siswa kami berharap untuk selalu menjaga nama baik madrasah yang ditunjukkan dalam sikap keseharian baik dalam lingkungan madrasah maupun keluar madrasah. Siswa mempunyai peran penting dalam mewujudkan madrasah hebat dan bermartabat oleh karena itu perlu keseriusan dan kesungguhan ananda kami semuanya. Melalui matsama tahun 2022 ini diharapkan semua siswa baru dapat berbaur dengan cepat dan berinteraksi dengan baik. Sehingga saat pembelajaran minggu depan tidak ada lagi siswa yang canggung dan tidak mengenal lingkungan madrasah. Seperti kata pepatah Tak kenal maka Tak sayang, malu bertanya sesat dijalan. Matsama tiga hari ini tidak hanya mengenalkan lingkungan fisik madrasah namun juga lingkungan sosial seperti kepala madrasah, guru, tenaga kependidikan, kakak kelas dan sesama siswa baru. Sekali lagi selamat datang kepada siswa baru dan terimakasih banyak kepada semua panitia pelaksana termasuk OSIM MAN 2 Bukittinggi yang sudah luar biasa menyiapkan kegiatan Matsama 2022 di MAN 2 Bukittinggi,” tuturnya. (Yuli/Yal)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *