POKBIN PAIF Kemenag Kota Bukittinggi Jamaah Masjid Baburrahmah Ikuti Khatam Tahsin Al-Qur’an

Bukittinggi, Humas–Senin 19 Desember 2022 Penyuluh Agama Islam Fungsional Kantor Kementerian Agama Kota Bukittinggi, Darul Aspani kembali melaksanakan acara Khatam Tahsin terhadap Kelompok Binaan (Pokbin)nya Jamaah Masjid Baburrahmah Luak Anyia Kelurahan Kubu Gulai Bancah Kecamatan Mandiangin Koto Selayan Kota Bukittinggi.

“Kegiatan Khatam ini dalam rangka mengevaluasi kegiatan bimbingan penyuluhan khususnya bimbingan tahsinul qur’an yang sudah lebih kurang 3 (tiga) tahun berjalan sejak tahun 2019 yang lalu di lokasi tersebut. Khatam Tahsin ini diikuti sebanyak 20 (dua puluh) orang peserta Tahsin yang telah aktif mengikuti kegiatan,” tutur Darul Aspani.

Acara khatam Tahsin ini mengundang para pejabat pemerintah kota Bukittnggi dan pejabat Kantor Kementerian Agama Kota Bukittinggi. Hadir memberi sambutan sekaligus membuka acara secara resmi walikota Bukittinggi yang diwakili Asisten I (Satu) Pemerintah Kota Bukittinggi, Isra Yonza, mewakili Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Bukittinggi Syahniar (Pengawas PAI).

Turut hadir dalam acara pembukaan khatam tersebut Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Mandiangin Koto Selayan diwakili Fauzan Azim dan Lurah serta RW dan RT di Kelurahan Kubu Gulai Bancah.

Dalam sambutan Isra Yonza menyampaikan salam maaf Walikota Bukittinggi yang tidak sempat hadir karena bertepatan dengan kegiatan lain di jadwal yang sama. Atas nama walikota beliau menyampaikan bahwa al-Qur’an merupakan wahyu Allah SWT sesuai namanya “Al-Qur’an” yang berarti bacaan. Dengan demikian al-Qur’an harus menjadi bacaan sehari-hari seorang muslim. Al-Qur’an adalah bacaan mulia yang cara membacanya dari waktu ke waktu mesti disempurnakan karena bahasa al-Qir’an itu adalah Bahasa yang sangat baik dan sopan. Al-Qur’an sebagai sumber kemuliaan dan kebaikan.

“Pemerintah Kota yang di pimpin H. Erman Safar sangat mendukung kegiatan ini, karena katanya Pemerintah yang Hebat tergantung dari Masyarakatnya yang Hebat. Dan masyarakat yang hebat itu salah satunya adalah Masyarakat yang mencintai al-Qur’an dan gemar membacanya dalam keseharian sehingga akan membawa suasana ketenangan pada lingkungan masyarakatnya. Atas nama Walikota Bukittinggi diakhir sambutannya Bapak Asisten mengucapan Selamat kepada para peserta khatam Tahsin,” tuturnya.

Disamping itu Kakan Kemenag Kota Bukittinggi diwakili Pengawas PAI di lingkungan Kankemenag Kota Bukittinggi Syahniar juga menyampaikan salam maaf Kepala Kantor karena sedang berada di Kanwil. Bleliau menyampaikan apresiasi atas kegiatan khatam Tahsin yang dilaksanakan Penyuluh Agama Islam Fungsional (PAIF) Kota Bukittinggi Darul Aspani.

“Penyuluh Agama Islam Fungsional sebagai ASN dilingkungan Kantor kementerian Agama Kota Bukittinggi melaksanakan tugas pokoknya di lapangan atau di lokasi-lokasi binaan di tengah masyarakat dan mereka pun juga diwajibkan memberikan laporan tentang tugas dan kegiatan mereka di lapangan tersebut. Selain yang dibuatkan dalam laporan capaian kinerja harian (LCKH), kegiatan ini menjadi bukti nyata bahwa kegiatan tersebut benar-benar terlaksana. Atas nama kepala Kantor Kementerian Agama Kota Bukittinggi kami memberikan apresiasi yang tinggi terhadap ustadz Darul Aspani sebagai Penyuluh Agama Islam Fungsional yang telah menunjukan bahwa sebagai ASN Kementerian Agama Kota Bukittinggi beliau benar-benar melaksanakan tugasnya dengan baik sebagai Penyuluh Agama Islam Fungsional ditengah-tengah masyarakat,” tuturnya. (Syafrial)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *