Bina ASN, Kemenag Bukittinggi Kenalkan Tata Persuratan Elektronik

Bukittinggi, Humas–Surat-menyurat menjadi media komunikasi tertulis antar instansi pemerintah ataupun masyarakat,
sehingga surat masih menjadi rujukan utama pada setiap aktivitas di instansi pemerintah. Persuratan di instansi pemerintah secara umum masih berjalan manual, hal ini belum seimbang dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, apalagi dengan intensitas persuratan yang makin tinggi dan menuntut kecepatan waktu.

Saat ini tranformasi digital menjadi program periotas Menteri Agama khususnya dalam digitalisasi layanan. Menyikapi program periotas Menteri Agama tersebut, Kantor Kementerian Agama Kota Bukittinggi melaksanakan kegiatan bimbingan teknis tata
persuratan dinas elektronik, Selasa (20/12/2022) di Aula Kemenag setempat.

Kegiatan ini dilaksanakan untuk meningkatkan kualitas pelayanan perkantoran, sehingga tercipta
penataan arsip yang baik mengenai tata persuratan dinas elektronik serta
meningkatkan profesionalisme yang didukung dengan informasi yang valid.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Bukittinggi, H. Eri Iswandi dalam arahannya menyampaikan administasi perkantoran sangat indentik dengan penataan tata persuratan yang
mengatur bagaimana tata cara pembuatan surat sebagai sarana komunikasi yang sangat penting. Hal ini sejalan dengan Keputusan Menteri Agama No.788 tahun 2021 tentang Pelaksanaan Sistem Pemerintahan berbasis Elektronik Pada Kementerian Agama.

“Dalam kegiatan Pembinaan ASN tentang Tata Persuratan Elektronik ini kita menghadirkan narasumber yang berkompeten dari Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sumatera, Efrian, Harry, Rama dan Mira di ikuti 100 orang peserta berasal dari Kantor Kementerian Agama Kota Bukittinggi, KUA dan Madrasah,” tuturnya.

Selanjutnya H. Eri Iswandi mengatakan “Melalui kegiatan ini kita akan memperkenalkan Aplikasi Sijagat (Sistim Informasi Jam Gadang Digital). Dalam aplikasi ini kita mencarikan formulasi agar setiap ASN mudah untuk melaksanakan tugas dan fungsinya masing-masing sekaligus dengan laporan Capaian kinerja,” tuturnya lagi. (Syafrial)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *