Tingkatkan Pelayanan, Dirjen Bimas Islam Kemenag RI Tanda Tangani Prasasti Peresmian Gedung KUA

Bukittinggi, Humas–Direktur Jendral Bimas Islam Kantor Kementerian Agama Republik Indonesia, Kamarudin Amin didampingi Direktur Bina KUA dan Keluarga Sakinah, Zainal Mustamim, Kakanwil Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat, Helmi meresmikan enam Gedung Balai Nikah dan Manasik Haji KUA Kecamatan Provinsi Sumatera Barat, Senin (19/06/ 2023) bertempat di Hotel Grand Royal Denai Bukittinggi.

Turut menyaksikan penandatanganan prasasti Gedung Balai Nikah dan Manasik Haji KUA menggunakan dana SBSN tahun anggaran 2022 ini, Kasubdit Bina Kepenghuluan, Anwar, Pejabat Eselon III di lingkungan Kantor Wilayah Kementerian Provinsi Sumatera Barat, Kakan Kemenag Kabupaten/Kota Se Sumatera Barat dan peserta Bimbingan Teknis Peningkatan Kapasitas Pejabat Kepenghuluan Dalam Fungsi Mediasi Perkawinan dan Keluarga Sakinah yang diadakan kerjasama Direktorat Bina KUA dan Keluarga Sakinah dengan BP4 Pusat.

Sebelum peresmian, Direktur Jendral Bimas Islam Kantor Kementerian Agama, Kamarudin Amin menyampaikan bahwa keberadaan KUA di tengah masyarakat sangat penting.

“KUA merupakan unit kerja di Kementerian Agama yang langsung bersentuhan dengan masyarakat, sehingga Kementerian Agama terus memperbaiki fasilitas dan sarana prasarana untuk dapat memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat,” jelasnya.

Ia juga menambahkan bahwa saat ini pelayanan KUA tidak lagi hanya mencatat pernikahan saja, tetapi dengan sudah diperbaikinya fasilitas, sarana dan prasarana maka pelayanan KUA harus dapat menguasai bidang agama dan keagamaan.

“Revitalisasi KUA yang merupakan salah satu program prioritas Menteri Agama, bukan hanya menyasar terhadap perbaikan sarana dan prasarana, tetapi juga harus didukung sumber daya manusia yang baik agar kualitas layanan menjadi lebih baik,” tuturnya.

Kamarudin Amin menghaturkan rasa terima kasihnya terhadap Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat yang telah berhasil membangun KUA SBSN. “Semoga revitalisasi KUA ini menjadi tujuan kita bersama,” ucapnya.

Enam Gedung Manasik Haji dan Balai NIkah SBSN tahun anggaran 2022 yang di resmikan tersebut yaitu Gedung Balai Nikah dan Manasik Haji Kantor Urusan Agama Kecamatan Salimpaung Tanah Datar, Gedung Balai Nikah dan Manasik Haji Kantor Urusan Agama Kecamatan Ampek Angkek Kabupaten Agam, Gedung Balai Nikah dan Manasik Haji Kantor Urusan Agama Kecamatan Lunang Kabupaten Pesisir Selatan , Gedung Manasik Haji dan Balai Nikah KUA Kecamatan V Koto Kampuang Dalam Kabupaten Padang Pariaman, Gedung Manasik Haji dan Balai Nikah Kantor Urusan Agama Kecamatan Asam Jujuhan Dharmasraya dan Gedung Manasik Haji dan Balai Nikah Kantor Urusan Agama Kecamatan Aur Birugo Tigo Baleh Bukittinggi. (Syafrial)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *