Kakanwil Kemenag Provinsi Sumbar Buka Secara Resmi COSINUS XV, PANEN KARYA P5P2RA, dan EKSPO KETERAMPILAN MAN I Bukittinggi

Bukittinggi, Humas–MAN 1 Kota Bukittinggi gelar tiga kegiatan besar, yaitu COSINUS XV, PANEN KARYA P5P2RA, dan EKSPO KETERAMPILAN. Rangkaian kegiatan ini berlangsung selama empat hari, dari tanggal 17 hingga 20 Februari 2024.

Senin (19/02) Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat, H. Mahyudin didampingi Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Bukittinggi, H. Eri Iswandi membuka secara resmi kegiatan tahunan MAN 1 Kota Bukittinggi ini.

Kegiatan ini mengangkat Tema” Berjuang Untuk Berdiri Kokoh Masa Akan Datang (Fight For The Outstanding Future)” sebagai ajang kreatifitas sekaligus promosi madrasah. Dihadiri Walikota Bukittinggi diwakili Camat Mandiangin Koto Selayan, Kasubbag Tata Usaha, Hj.Tri Andriani Djusair, Plt. Kasi Pendidikan Madrasah, Kepala Madrasah Se-Kota Bukittinggi dan sejumlah tamu undangan lainnya.

Para tamu undangan disambut para duta madrasah, diiringi penampilan tambua Sanggar Sako Nan Ameh, penghormatan dari tim paskibra dan salam dari seluruh guru serta pegawai MAN 1 Kota Bukittinggi. Memasuki aula para tamu undangan disambut dengan penampilan Tari Pasambahan oleh Sanggar Sako Nan Ameh. Kemudian, acara dipandu oleh tiga MC, yaitu Tsaniya Wahida Salima, M. Hasbi Zikrillah, dan Asra Louly. Pembacaan ayat suci Al-Qur’an oleh Zahra Mukarromah dan do’a oleh Jody Mezic Aprilio.

H. Agung Imam Efendi, Plt. Kepala MAN 1 Kota Bukittinggi dalam sambutannya menyampaikan rasa syukur yang mendalam atas terselenggaranya kegiatan tahunan ini. Suaranya yang bersemangat menggema di ruangan, menegaskan kebanggaannya terhadap seluruh pihak yang telah ikut berkontribusi.

Lebih dari sekadar rasa bangga, beliau memaparkan prestasi gemilang MAN 1 Kota Bukittinggi dengan penuh antusiasme. Baik prestasi nasional maupun internasional sekaligus menyoroti dedikasi dan kerja keras para siswa, guru, dan staf yang telah mengharumkan nama MAN 1 Kota Bukittinggi.

Suasana semakin meriah ketika Qafleesha Nasyid, grup nasyid yang penuh talenta, melantunkan tembang-tembang indah. Alunan merdu mereka menyihir para tamu dan menambah semarak acara.

H. Eri Iswandi, Kakan Kemenag Bukittinggi dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan ini bagaikan nafas segar yang membawa semangat baru bagi MAN 1 Kota Bukittinggi. ” Kami menyampaikan apresiasinya yang tinggi dengan terselenggaranya kegiatan ini. Lebih dari sekadar apresiasi, kami merasa kagum atas dedikasi dan kerja keras seluruh pihak yang terlibat sehingga kegiatan ini terselenggara dengan baik. Kami juga menaruh harapan besar pada kegiatan ini menjadi wadah yang gemilang bagi para siswa untuk mengasah bakat dan minat mereka. Potensi luar biasa para siswa ini perlu dipupuk dan dikembangkan kedepannya, ” tuturnya

Suasana semakin meriah ketika Raisa dan kawan-kawan, para musisi ternama, menyapa para tamu dengan alunan musik Nusantara yang memukau. Penampilan mereka yang energik dan penuh talenta menyihir para tamu dan membuat mereka hanyut dalam melodi indah.

Kedatangan H. Mahyudin, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera dalam kegiatan ini bagaikan pelita ilmu yang menerangi MAN 1 Kota Bukittinggi. Dalam sambutannya yang menginspirasi, beliau mencurahkan apresiasi dan rasa terima kasihnya atas terselenggaranya kegiatan COSINUS.

“COSINUS ini merupakan kegiatan yang sangat luar biasa dalam mempersiapkan siswa yang unggul dalam sains dan teknologi. Generasi muda adalah pemilik masa depan, dan membekali mereka dengan ilmu pengetahuan dan teknologi adalah kunci untuk mencapai masa depan yang gemilang,” tutur Kakanwil ini.

Selanjutnya H. Mahyudin menyampaikan “Anak-anak punya kreasi dan punya keterampilan live skill untuk terjun ke tengah-tengah masyarakat. Cosinus ini dapat dijadikan ajang untuk menguji kemampuan anak-anak dari segala bidang yang merupakan buah didikan bapak / ibu semua. Kami berharap kedepan agar kegiatan ini terus di lanjutkan,” tuturnya lagi.

Acara peresmian bagaikan puncak kemegahan yang menutup serangkaian kegiatan dengan gemilang. Peragaan busana dari jurusan Tata Busana menjadi sorotan utama, menampilkan karya-karya kreatif yang mempesona para tamu undangan. Setiap langkah para model bagaikan tarian indah yang mencerminkan keterampilan luar biasa para siswa.

Suasana semakin meriah ketika gunting emas menyentuh pita peresmian yang dilakukan oleh Kepala Kanwil Kemenag Sumatera Barat. Tepuk tangan meriah di lapangan, menandakan awal dari babak baru bagi Madrasah.

Para tamu undangan pun dengan antusias menjelajahi stan-stan PANEN KARYA dan EKSPO KETERAMPILAN, menyaksikan berbagai karya dan keterampilan yang menakjubkan dari para siswa.
(Andreas)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *