120 Santriwan/i MTsN 2 Bukittinggi Ikuti Syahadah Tahfidz

Bukittinggi, Humas– Menjelang bulan suci Ramadhan 1445 H, MTsN 2 Bukittinggi melaksanakan kegiatan Syahadah Tahfidz,
Selasa (27/2). Kegiatan Syahadah Tahfiz MTsN 2 Bukittinggi ini dihadiri langsung Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Bukittinggi, H. Eri Iswandi sekaligus membuka secara resmi.

Panitia pelaksana, Yendrawardi menyampaikan acara ini merupakan kali kedua dilaksanakan MTsN 2 Bukittinggi secara mandiri yang sebelumnya bergabung dengan madrasah lainnya. Suatu hal yang cukup membanggakan untuk MTsN 2 Bukittinggi. “Semoga kedepannya semakin banyak generasi yang berakhlak mulia dan cinta Al-Qur’an” ungkapnya.

Selanjutnya ungkap ketua panitia ini. Kegiatan Syahadah Tahfiz kali ini berbeda dari sebelumnya, tahun ini MTsN 2 Bukittinggi mewisuda 120 orang santriwan/i. Ini Jumlah yang cukup signifikan dibandingkan tahun sebelumnya yang hanya berjumlah 37 orang dengan hafalan 2 juz dan 3 juz. Tahun ini para santriwan/i diwisuda mulai dari hafalan 2 juz sampai dengan 6 juz, .

Para wisudawan/i tersebut berasal dari kelas VII ( 17 orang), kelas VIII (30 orang), dan kelas IX (73 orang). Santriwan/i yang mencapai hafalan tertinggi yaitu 4-6 juz mendapat hadiah tambahan sebagai bentuk apresiasi terhadap prestasi yang telah diraih.

Kepala MTsN 2 Bukittinggi, Fakhri dalam sambutannya menyatakan, “Syahadah Tahfidz ini merupakan suatu ujian hafalan Al-Qur’an dengan tujuan untuk mempertanggungjawabkan hafalannya selama menempuh pendidikan di MTsN 2 Bukittinggi. Adapun penilaian ujian Syahadah Tahfidz ini berkaitan dengan makhrajul huruf dan ketepatan bacaan,” jelasnya.

Selanjutnya Fakhri Akhir mengucapkan terima kasih kepada kakan Kemenag Kota Bukittinggi beserta jajaran yang selalu mensupport dan memberikan dukungan serta panitia dan tenaga pengajar yang sungguh-sungguh melatih dan membimbing dengan sepenuh hati.

Sementara itu Kakan Kemenag Kota Bukittinggi H.Eri Iswandi saat membuka secara resmi kegiatan Syahadah Tahfidz MTsN 2 Bukittinggi menyampaikan “Syahadah Tahfidz merupakan program madrasah yang rutin dilaksanakan setiap tahunnya baik di tingkat MI, MTs, maupun MA,” ungkapnya.

Beliau menjelaskan, salah satu cara membentengi generasi muda menghadapi gerusan zaman yaitu menjadikan mereka generasi Islam yang hafal Al- Qur’an.

Tidak lupa H. Eri Iswandi mengucapkan selamat kepada santriwan/i yang diwisuda sekaligus memotivasi mereka untuk terus meningkatkan hafalannya Al-Qur’annya.
(Jurnalis Madsanda/Syafrial)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *