Farewell Party Sabilah Karih Pusako MAN 1 Kota Bukittinggi

Bukittinggi, Humas–Sabtu 20 April 2024 sebuah momen haru dan penuh makna menyelimuti Student Center Syech M. Djamil Djambek Bukittinggi. Saat MAN 1 Kota Bukittinggi mengadakan perpisahan dengan siswa-siswi kelas XII untuk tahun pelajaran 2023/2024. Acara yang berlangsung sejak pukul 08.00 WIB ini menjadi bukti nyata pengabdian dan perjuangan mereka selama tiga tahun di madrasah.

Kehadiran tokoh-tokoh penting dalam perayaan ini menambah kesan monumental. Hadir Walikota Bukittinggi diwakili oleh Asisten I, Ketua DPRD Bukittinggi, Rektor UIN Syech M. Djamil Djambek, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Bukittinggi, Kepala Dinas Pendidikan, Kapolsek, Kassubag Tata Usaha Kemenag, Kasi Penmad Kemenag, Kepala KUA Mandiangin, Ketua Perwakilan Alumni, Camat Mandiangin, Lurah Kubu Gulai Bancah, Ketua Komite, Pengurus Bhabinkamtibnas dan Babinsa Kubu Gulai Bancah, Para Kepala Madrasah se-Bukittinggi, Kepala MAN 1 Kota Bukittinggi, Kaur Tata Usaha, dan tamu undangan lainnya turut menyaksikan momen bersejarah ini. Siswa kelas XII bersama orang tua menjadi tamu spesial pada acara hari ini. Majelis guru dan pegawai serta siswa fase E dan fase F turut hadir.

Suasana diawali dengan semangat yang menggebu, terpancar dari paduan suara merdu yang menyanyikan lagu Mars Madrasah dan Hymne Guru, diikuti dengan keindahan tarian pasambahan. Laporan panitia membuka rangkaian acara, disusul dengan kata sambutan yang menggetarkan hati dari para pemimpin dan tokoh terkemuka, yang mengisyaratkan kebanggaan atas prestasi siswa-siswi MAN 1 Kota Bukittinggi.

Ketua Panitia, Eva Jelita, dengan penuh semangat menyampaikan keharuannya pada momen perpisahan ini, “Dalam setiap pertemuan akan selalu ada perpisahan, namun perpisahan bukanlah akhir dari segalanya tetapi awal dari babak baru dalam hidup yang penuh tantangan kedepannya. Hari ini kami merasa sangat haru dalam momen melepas 298 siswa kelas 12, Sabilah Karih Pusako, Basamo Mangko Kaiyo, Baiyo Mangko Bajayo. Semoga MAN 1 Kota bukittinggi menginspirasi dan menjadi kenangan indah dalam kehidupan kita,”  ujarnya.

Perwakilan siswa kelas XII, Muhammad Fadel, tak dapat menyembunyikan rasa harunya dalam kata-katanya, “Terimakasih kepada bapak ibu guru yg telah mendidik kami selama 3 tahun. Terimakasih kepada teman-teman yang telah berjuang bersama selama 3 tahun ini. Sampai jumpa lagi sekolah tercinta terimakasih atas semua kenangan indah. Hari ini mungkin berat untuk melepaskan tapi percayalah, langkah kita menuju masa depan akan memberikan pengalaman yang tidak terhingga,” ujarnya. 

Begitu juga dengan perwakilan dari orang tua siswa kelas XII, Iddia Rozani, yang dengan tulus menyampaikan rasa terima kasihnya, “Kami berterima kasih atas bimbingan dan dukungan yang telah diberikan oleh sekolah dalam membentuk karakter dan kepribadian anak-anak kami,” ujarnya.

Ketua DPRD Bukittinggi diwakili oleh Dedi Fatria sekaligus perwakilan alumni dengan penuh kebanggaan menyatakan, “Masih begitu segar rasanya momen-momen berharga di MAN 1 Kota Bukittinggi. Mulai besok halaman pertama akan terbuka untuk kalian adik-adik kelas 12. Pilihlah melanjutkan pendidikan. Pilihlah jurusan yang disukai. Akan banyak pengalaman yang didapatkan.” ujarnya.

Kepala MAN 1 Kota Bukittinggi, Zulfadhli Alfa, menekankan arti pentingnya pendidikan dalam mencetak generasi penerus yang berkualitas, “Apresiasi untuk ananda semua yang telah menghadirkan perhelatan ini. Setelah ini gantungkanlah cita-cita kalian setinggi mungkin.” ujarnya.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Bukittinggi, H. Eri Iswandi, menyampaikan harapan dan do’a, “Sabilah karih pusako adalah orang orang yang istimewa. Lanjutkanlah pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi semoga cita-cita ananda tercapai di masa mendatang,” ujarnya.

Walikota Bukittinggi, diwakili oleh Asisten I, Isra Yonza, dengan haru menyampaikan pesan dan harapan kepasa siswa kelas XII, “Kami menaruh hormat yang setinggi-tingginya kepada orangtua siswa yang sangat berkontribusi untuk keberhasilan ananda kelas 12. Dengan seluruh kontribusi kita bersama,  298 siswa Sabilah Karih Pusako, insyaAllah akan lulus, kuliah, dan menjadi manusia-manusia yang berguna,” ujarnya.

Isra Yonza sekaligus membuka secara resmi perhelatan perpisahan MAN 1 Kota Bukittinggi, “Perpisahan siswa kelas XII MAN 1 Kota Bukittinggi sekaligus perpisahan dengan almamater hari ini resmi kita buka.”.

Acara kemudian dilanjutkan dengan pengumuman prestasi siswa kelas XII oleh Waka Kurikulum, Fitria Ose, disusul dengan pemberian penghargaan kepada peraih prestasi. Kenangan akan masa-masa indah di MAN 1 Kota Bukittinggi terasa semakin mendalam dengan pemberian kenang-kenangan kepada madrasah, purna kepala, guru, serta pegawai MAN 1 Kota Bukittinggi.

Momen perpisahan ini berakhir dengan khidmat dan penuh haru, namun semangat untuk mencapai masa depan yang gemilang tetap berkobar di hati setiap individu yang hadir. MAN 1 Kota Bukittinggi telah mencetak generasi unggul, dan kini saatnya mereka melangkah menuju perjalanan baru dengan penuh semangat dan keberanian. Semoga keberhasilan dan kebahagiaan senantiasa menyertai langkah mereka.
(Andreas)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *