PAIF Kemenag Bukittinggi Lakukan Tugas Penyuluhan Sesuai Situasi

Bukittinggi, Inmas—Saat ini dunia termasuk Indonesia sedang dirundung duka mewabahnya virus Corona. Untuk memutus mata rantai penyebaran virus yang berbahaya tersebut semua elemen masyarakat diimbau untuk tetap di rumah (Stay at home).

Menyikapi kondisi ini Rusman Edi Penyuluh Agama Islam Kantor Kementerian Agama Kota Bukittiggi sekaligus Ketua Pokjaluh Bukittinggi dalam menjalankan penyuluhan ke masyarakat mengambil inisiatif untuk tetap menyampaikan pesan-pesan keagamaan lewat media daring.

Rusman Edi, Selasa, (7/4/2020) menyampaikan dalam situasi saat ini ia mengajak masyarakat berdo’a kepada Allah agar terlindung dari segala mara bahaya termasuk virus yang meresahkan ini.

“Kami mengajak umat untuk selalu dekat dengan Allah SWT, memahami nilai-nilai yang terkandung dalam  ajarannya dan memperbanyak ibadah serta selalu taat terhadap ajaranNya. Tentunya hal ini disesuaikan dengan situasi,” tuturnya.

Dalam situasi penyebaran Virus corona yang sangat cepat ini, penyuluh agama islam Kankemenag Kota Bukittinggi ini mencoba untuk melakukan Bimbingan Tahsinul Qur’an melalui media daring (online) dengan memakai aplikasi Zoom Meeting. Sebuah aplikasi yang dapat di pergunakan untuk pembelajaran jarak jauh.

“Khusus hari ini tahsin online melalui Aplikasi Zoom Meeting ini kita terapkan pada kelompok binaan Dharmawanita Bukittinggi. Alhamdulillah pembelajaran Tahsinul Qur’an melalui Zoom Meeting ini dapat berjalan dengan baik. Ini salahsatu cara yang bisa dilakukan untuk tetap melaksanakan tugas-tugas kepenyuluhan di masyarakat,” paparnya.

Selanjuntnya Ketua Pokjaluh ini menyebutkan masih banyak alternatif lain yang bisa dilakukan seperti dengan memakai voice  rekaman) tapi komunikasinya hanya satu arah. Berbeda dengan Zoom kita bisa berinteraksi dua arah dengan peserta bahkan lebih.

“Mari kita semua berdoa semoga wabah ini cepat berakhir. Semoga Allah SWT melindungi kita semua dari wabah ini, harap ketua penyuluh Agama Islam ini dalam doanya. ( Rusman Edi/Syafrial)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *