Gandeng Dingkes, Kemenag Kota Bukittinggi Gelar Bimsik & Kesehatan Haji

Bukittinggi, Humas—Kementerian Agama Kota Bukittinggi melalui seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah menggandeng Dinas Kesehatan Kota Bukittinggi untuk melaksanakan Program Bimbingan Manasik dan Kesehatan Haji ( Bimsik Keshaj) bagi jemaah haji Kota Bukittinggi angkatan I. Bimsik tersebut berlangsung di Masjid Baburrahmah Luak Anyia Kecamatan Mandiangin Koto Selayan Kota Bukittinggi, Senin (01/03/2022).

Kepala Kemenag Kota Bukittinggi Kasmir menyampaikan apresiasi kepada Kasi Penyelenggara Haji dan Umrah beserta jajaran karena bisa menyelenggarakan pra Manasik dalam rangka memberikan pencerahan dan pemahaman kepada jamaah haji terkait pelaksanaan ibadah haji di tanah suci.

“Bimbingan manasik haji itu mempunyai fungsi dan tujuan agar calon jemaah mampu memahami semua informasi tentang pelaksanaan ibadah haji, tuntunan perjalanan, petunjuk kesehatan dan mampu mengamalkanya pada saat pelaksanaan ibadah haji di tanah suci,” tuturnya.

Ia menyampaikan manasik haji ini juga bertujuan agar jemaah haji dapat mandiri dalam meaksanakan ibadah haji, baik secara mandiri regu atau rombongan dan mempunyai kesiapan menunaikan ibadah haji baik mental, fisik, kesehatan maupun petunjuk ibadah haji apalagi di masa pandemi Covid-19.

“Bimbingan manasik ini supaya jemaah yang niat berangkat menunaikan ibadah haji merasa aman, tertib dan sah. Aman dalam arti jemaah tidak merasa khawatir terhadap dirinya dan harta bendanya. Tertib dalam arti melaksanakan dan memenuhi syarat, rukun, dan wajib sesuai dengan tuntutan agama apalagi masa pandemi. Mulai Januari 2022 telah berangkat beberapa orang jemaah umrah Kota Bukittinggi masa pandemi Covid-19, kita berharap tahun ini nanti jamaah haji juga di berangkatkan. Untuk itu kami mengajak kita semua untuk bisa menyerap ilmu dari para narasumber terkait pelaksanaan ibadah haji apalagi masa pandemi Covid-19,” kata Kasmir.

Kasi Penyelenggaraan Haji Kantor Kementerian Agama Kota Bukittinggi Tri Andriani Djusair dalam laporannya mengatakan kegiatan Bimbingan Manasik dan Kesehatan Haji (Bimsik Keshaj) ini dilakukan sebagai upaya untuk menuju kemabruran dan kemandirian jamaah haji terkhusùs Jamaah Haji Kota Bukittinggi.

“Kegiatan Bimbingan Manasik dan Kesehatan Haji (Bimsik Keshaj) ini dibagi menjadi 3 angkatan yaitu angkatan 1 untuk jemaah haji Kecamatan Mandiangin Koto Selayan, angkatan 2 untuk jemaah haji Kecamatan Guguak Panjang dan angkatan ke  3 untuk jemaah haji Aur Birugo Tigo Baleh. Materi Ihram Isytirat, Tawaf dan Sai masa Pandemi dengan narasumber Ekdi dan materi terkait perjalan Arafah , Muzdalifah dan Mina masa Pandemi serta kelonggaran  Hukum dengan narasumber H.Ifdhal serta Manasik Kesehatan Jamaah, pemeriksanaan kesehatan dan vaksin jamaah haji dengan Narsum Susi S.Km, M.M dari Dinas Kesehatan.

Lebih lanjut Ia menyampaikan kepastian untuk Peyelenggaraan Ibadah Haji menjadi kewenangan Pemerintah Arab Saudi yang sampai saat ini kepastian itu belum kita peroleh namun kita tetap optimis melakukan berbagai persiapan, baik persiapan dokumen Jamaah Haji,  Bimbingan ibadah haji,  bimbingan kesehatan dan pemeriksaan kesehatan haji.

“Kerjasama antara Kemenag dan Dinkes Kota Bukittinggi dalan Pelaksanaan Kegiatan Bimsik Keshaj ini merupakan wujud  keseriusan dalam memberikan Pembinaan, Pelayanan dan Perlindungan kepada Jamaah Haji Kota Bukittinggi  secara optimal dan maksimal. Semoga usaha , upaya yang kita lakukan di redhai Allah SWT sertab doa-do’a kita diijabah,” tuturnya lagi

Selajutnya Kepala Dinas Kesehatan dalam sambutannya menyampaikan ucapan terimaksih dan apresiasi kepada kementerian Agama Kota Bukittinggi yang  bergandengan dengan Dinas Kesehatan Kota Bukittinggi dalam memberikan informasi yang bersifat promotif, preventif mengenai pembinaan, pelayanan dan perlindungan kepada jamaah haji. Layanan Kesehatan Jamaah dilakukan oleh semua puskesmas se Kota Bukittinggi  spt cek kesehatan, pemberian baksin Booster, vaksin miningitis, layanan pengobatan penyakit jamaah dll. (Syafrial)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *