Tim Direktorat Pelayanan Haji Luar Negeri Tampung Masukan Terkait Layanan Konsumsi Jama’ah Haji di Arab Saudi

Bukittinggi, Humas–Tim dari Direktorat Pelayanan Haji Luar Negeri Ditjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag RI, Abdillah (Kasubbag Tata Usaha Pada Pelayanan Haji Luar Negeri), Rahmi Khatijah (Penyusun Bahan Kebijakan Pada Seksi Penyiapan Katering Subdit Katering Haji) dan Andi Rinaldi (Analis Perencanaan Anggaran Pada Subbagian Tata Usaha Direktorat Pelayanan Haji Luar Negeri) mengelar kegiatan Evaluasi Layanan Konsumsi Jamaah Haji Indonesia di Araba Saudi, Kamis (15/12) bertempat di Aula kementerian Agama Kota Bukittinggi.

Kegiatan tersebut di hadiri unsur Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kantor Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat, Uswatman dan Yudi ikuti oleh 24 orang peserta yang terdiri dari PPIH Arab Saudi dan PPIH yg menyertai kloter, Pembimbing Haji Daerah ( PHD) Ketua Kloter, Pembimbing Ibadah Haji Indonesia (TPIHI), Petugas Kesehatan, Ketua Rombongan, FK-BIHU, pengurus KBIHU, JFU Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kantor Kementerian Agama Kota Bukittinggi dan Humas

Kepala Kantor kemenag Kota Bukittinggi, H. Eri Iswandi dalam sambutannya menyampaikan Selamat datang kepada seluruh tim dari Dirjen Pelayanan Haji Luar Negeri yang menyempatkan waktu datang ke Kantor Kementerian Agama Kota Bukittinggi untuk bertemu orang-orang yang pernah menjadi petugas haji dan KBIHU Kota Bukittinggi.

“Pada tahun 2022 kita Bukittinggi memberangkatkan 118 Jama’ah, Alhamdulilah semua lengkap kembali ketanah Air. Kami merasa bersyukur atas kedatangan Tim untuk melakukan Evaluasi Layanan Konsumsi Haji Di Arab Saudi sehingga dalam pertemuan kali ini kita bisa memberikan informasi bagaimana Penyelenggaraan haji kedepannya,” tuturnya.

Selanjutnya H. Eri Iswandi menyampaikan Kantor Kementerian Agama Kota Bukittinggi untuk menyongsong musim haji tahun 2023 sudah melakukan beberapa tahapan antara lain kita sudah menyiapkan kuato estimasi keberangkatan dalam kondisi normal sehingga jamaah bisa memulai manasik agar jama’ah nanti bisa melaksanakan ibadah dengan sempurna. “Melalui kegiatan ini kita berharap dapat memberikan manfaat bagi semua serta program yang telah direncanakan dapat terselenggara dengan baik,” katanya lagi.

Abdillah, Kasubbag Tata Usaha Pada Direktorat Pelayanan Haji Luar Negeri menyampaikan terimakasih kepada Kakan Kemenag Kota Bukittinggi beserta jajarannya yang telah menyambut kedatangan Tim dengan luar biasa.

“Kedatangan kami untuk melakukan Evaluasi Pelayanan Kosumsi Haji Di Arab Saudi sehingga lebih banyak mendengar masukan dari bapak ibuk semua. Kegiatan ini bertujuan untuk menangkap aspirasi dari para petugas dan perwakilan Jama’ah Haji melalui KBIHU dengan menampung usulan usulan yang yang diperlukan dalam rangka penyempurnaan layanan konsumsi baik yang terkait dengan menu , jumlah layanan konsumsi per hari, layanan konsumsi pra dan pasca armuzna serta rencana adanya menu makanan Arab saudi untuk jemaah kita untuk para Jamaah Haji Indonesia di Arab Saudi nantinya. Menteri Agama memberikan amanah kepada kami agar layanan haji memiliki inovasi yang baru salah satunya pada konsumsi layanan haji ini. Kami berharap bapak/ibu yang hadir pada hari ini agar saling memberikan masukan saran dalam inovasi guna memberikan pelayanan haji yang lebih baik lagi kedepannya,” tuturnya lebih lanjut.

Terakhir Abdillah mengatakan adanya kegiatan ini sebagai wadah diskusi, memberikan masukan saran, bertukar pikiran. “Kita di Kementerian Agama akan terus berupaya memberikan pelayanan yang terbaik. Terima kasih kepada seluruh peserta yang hadir untuk masukan dan sarannya. Ini akan kami jadikan bahan acuan untuk pembenahan pelayanan ke arah yang lebih baik lagi,” tuturnya lagi.

Kasi Penyelenggara Haji dan Umrah Kantor Kementerian Agama Kota Bukittinggi, Hj. Tri Andriani Djusair menyampaikan bahwa kegiatan evaluasi ini merupakan kegiatan dari Dirjen PHU Kemenag RI, Kantor Kemenag Kota Bukittinggi hanya menfasilitasi untuk menghadirkan peserta yang PPIH Arab Saudi maupun yg menyertai kloter , Para Ketua KBIH dan Para Pelaksana di Bidang dan Seksi PHU.

“Tugas kami dalam kegiatan Evaluasi layanan Konsumsi Jamaah Haji di Arab Saudi adalah menghdirkan para peserta yang menjadi sasaran evaluasi, dengan harapan agar dapat memperoleh masukan yang dapat menajdi bahan rekomendasi dalam penyusunan menu layanan konsumsi jamaah haji Indonesia di arab Saudi mendatang,” dengan adanya eveluasi ini akan meningkatkan layanan kepada dhuyufurrahman disegala aspek salah satu nya melalui layanan konsumsi kita pelayan tamu Allah punya satu motto Khidmatul Haj Syarfu lana, berkhidmat malayani tetamu Allah merupakan kemuliaan bagi kita. ujarnya. (Syafrial)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *