Kemenag Bukittinggi Tuntaskan Manasik Haji Tinggkat Kecamatan

Bukittinggi, Humas–Dalam rangka memberikan pembekalan Jama’ah Haji sebelum berangkat menunaikan ibadah haji ketanah suci tahun 2023 M/ 1444 H, Kantor Kementerian Agama Kota Bukittinggi menggelar manasik sebanyak 10 kali pertemuan.

Kasi Penyelenggara Haji dan Umrah Kantor Kementerian Agama Kota Bukittinggi, Hj. Misra Elfi mengungkapkan. “Jema’ah haji Kota memiliki hak untuk mendapatkan 8x pertemuan dalam Bimbingan Manasik Haji tingkat KUA Kecamatan dan 2x pertemuan tingkat Kota. Alhamdulillah untuk Kota Bukittinggi kita sudah selesai melaksanakan bimbingan manasik tingkat Kecamatan dan satu kali manasik haji tingkat Kota, tinggal satu kali lagi bimbingan manasik tingkat kota menjelang pemberangkatan yang menurut jadwal tanggal 19 Juni 2023 tergabung dalam Kloter 15 gelombang II Embarkasi Padang,” jelasnya.

Selanjutnya kata Hj. Misra Elfi. “Dalam bimbingan manasik haji tersebut jemaah mendapatkan materi seputar ibadah haji, mulai dari rukun, wajib, larangan, termasuk rencana tahapan perjalanan ibadah haji, kesehatan haji, ibadah di dalam pesawat, dan layanan untuk jemaah haji lainnya. Khusus tahun 2023 ini ada tambahan materi haji ramah lansia,” jelasnya.

Sementara itu di sisi lain Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Bukittinggi, H. Eri Iswandi mengatakan. “Tahun ini Kementerian Agama mengusung taglineĀ #HajiRamahLansia. Semangat inilah yang menjadi landasan pelaksanaan Bimbingan Manasik Haji di Kota Bukittinggi agar terbangun kesadaran jemaah dari awal untuk peduli terhadap sesamanya,” tuturnya.

Kakan Kemenag ini juga berharap dengan adanya bimbingan manasik haji yang di gelar Kementerian Agama dapat meningkatkan kualitas pemahaman Jama’ah terhadap pelaksanaan ibadah haji agar tercapai titel yang di idamkan Haji yang mabrur,” katanya lagi

Untuk Kota Bukittinggi Jama’ah tertua berumur 85 tahun atas nama Nurwilis dan yang termuda berumur 20 tahun atas nama Kayla Naqiya Wafi. (Syafrial)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *