KPRI Kankemenag Kota Bukittinggi Bertransformasi Menuju Sistem Syari’ah





Bukittinggi, Inmas-Berbagai inovasi dilakukan Koperasi Pegawai Republik Indonesia Kantor Kementerian Agama Kota Bukittinggi mengembangkan usaha untuk mensejahterakan anggotanya. Dalam rangka memberikan pengetahuan dasar terhadap anggota di adakan Sosialisasi Penguatan Koperasi Syari’ah bagi 40 orang anggotanya Rabu, 09/10/2019 bertempat di Hotel Grand Malindo Bukittinggi.

Sosialisasi ini menghadirkan narasumber Dr. Syukri Iska (Direktur Pasca Sarjana IAIN Batu Sangkar, Ketua MUI Tanah Datar dan Ketua KPN Syari’ah) dan Nasfizar Guspendri (Dosen Akuntasi dan Ketua KPN Syari’ah Al-Ikhlas IAIN Batu Sangkar).

Kegiatan ini di tujukan untuk memulai transformasi dan konversi dari koperasi Konvesional kepada Koperasai syari’ah. Dari Sistem Simpan Pinjam Konvesional menjadi koperasi Simpan Pinjam Pembiayaan Syarai’ah (KSPPS).

Ketua Koperasi Pegawai Republik Indonesia Kemenag Kota Bukittinggi H. Harmen didampingi H. Zarkani, Mawardi, Desmiati dan Azril menyampaikan. “Kedepan KPN Kemenag Kota Bukittinggi akan mengembangkan usaha-usaha produktif dengan beraneka akad sesuai syari’ah sehingga provit yang di peroleh tetap menjaga stabiltas kehidupan Koperasi dan melahirkan jiwa Enterprenership dengan sistem Syari’ah baik pola musyarakah maupun muraba’ah adalah sebuah stategi untuk mendukung konversi ini,” tuturnya.

Selanjutnya kata H. Harmen satu diantara keluhan para anggota adalah pinjaman untuk SPP anak yang sedang sekolah/Kuliah dapat di lakukan dengan akad wakalah atau dengan akad ijarah multiguna. Disinilah hebatnya solusi dalam sistem Koperasi Syari’ah anggota tidak perlu kawatir, bila sistem syari’ah terlaksana maka semua bentuk objek akad insya Allah bisa di layani. Semoga 2020 KPRI Kankemenag Kota Bukittinggi bisa sesuai Syari’ah,” harapnya (Andreas)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *