Kankemenag Kota Bukittinggi Adakan FGD Bersama Ka. Biro Ortala Kementerian Agama RI

Bukittinggi, Inmas–Jajaran Kantor Kementerian Agama Kota Bukittinggi Jum’at, 22/11/2019 yang lalu mengadakan mengadakan Focus Group Discussion (FGD) terkait Pengendalian Intern dan Reformasi Birokrasi Tahun 2019. FGD tersebut di hadiri langsung H. Afrizal Zen (Kepala Biro Ortala Sekretaris Jenderal Kementerian Agama RI) di dampingi Kasubbag Tata usaha dan Pranata komputer.


Kepala Kantor Kementerian Agama kota Bukittinggi H. Abrar Munanda menyampaikan rasa terima kasih atas kehadiran Drs. H. Afrizal Zen, M.Si (Kepala Biro Ortala Sekretaris Jenderal Kementerian Agama RI) dan rombongan dalam FGD tersebut. “Kedatangan Bapak Biro Ortala Sekretaris Jenderal Kementerian Agama RI bersama teman-teman di Kankemenag kota Bukittinggi tentu dapat di jadikan ajang sharing terkait Peraturan Menteri Agama Nomor 19 Tahun 2019 Tentang Organisasi Dan Tata Kerja Instansi Vertikal Kementerian Agama dan yang lainnya,” tutur Ka. Kankemenag kota Bukittinggi ini.


Pada kesempatan tersebut H. Abrar Munanda menyampaikan perjalanan PTSP Kankemenag kota Bukittinggi yang di mulai dengan 16 layanan hingga berkembang menjadi 52 layanan secara Offlin. “PTSP Kankemenag kota Bukittinggi menjadi PTSP yang pertama di sumatera Barat dan menjadi PTSP Kankemenag ke tiga se-Indonesia. kita juga berbagi ilmu dengan Kankemenag Kabupaten/Kota se-sumatera Barat bahkan Kankemenag Kab/Kota di Luar Sumatera Barat. Sekarang PTSP tersebut sudah di kembangkan melalui aplikasi Sistem Informasi Manajemen Pelayanan Unggul (SIMPUL) yang berbasis online dengan layanan sertifikasi Guru, layanan Pasport Haji dan Umrah untuk Biro travel yang terdaftar di Kementerian Agama dan Konsultasi keagamaan. Layanan online ini terus kita kembangkan dalam rangka memberikan pelayanan terbaik pada masyarakat,” paparnya.


Selanjunya Ka. Kankemenag yang enerjik ini menyampaikan bahwa Kankemenag kota Bukittinggi mendapatkan tiga orang CPNS tahun 2019 dengan formasi Analis Kepegawaian, Pranata Humas dan Pranata Komputer. “Tiga orang CPNS ini baru saja mengikuti LATSAR. Dalam LATSAR tersebut mereka di tugasi untuk membuat vidio Profil tentang sejarah Kankemenag kota Bukittinggi, Layanan Kepegawaian berbasis Web dan Pembuatan Aplikasi IKM dalam rangka menunjang pelaksanaan ZI dan RB di Kankemenag Kota Bukittinggi,” tutupnya.


Sementara itu H. Afrizal Zen (Ka. Biro Ortala Kementerian Agama RI) menyampaikan berbagai peraturan terkait dengan pelaksanaan tugas dan fungsi ASN Kementerian Agama. “Ada dua hal yang menjadi perhatian khusus Biro Ortala saat ini terkait penerapan Zona Integritas dan Reformasi Birokrasi yaitu Komitmen dan Anggaran,” tuturnnya.


selanjutnya H. Afrizal menyampaikan bahwa kedepan kita harus genjot terus kesadaran diri dalam penerapan Zona Integritas dan Reformasi Birokrasi di setiap satker masing-masing. “Alhamdulillah kankemenag kota Bukittinggi sudah mempunyai Komitmen yang kuat terkait itu sehingga Kankemenag Kota Bukittinggi termasuk 14 satker di lingkungan Kementerian Agama RI yang di nilai oleh Kemenpan RB beberapa waktu yang lalu,” tuturnya.


Pada kesempatan tersebut juga dilakukan dialog tanya jawab berkaitan dengan penerapan Zona Integritas dan Reformasi Birokrasi serta berbagai kendala-kendala di lapangan terkait pelaksanaan tugas dan fungsi sebagai ASN Kementerian Agama. (Syafrial)


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *