Cabang MFQ Pada MTQ Ke-39 Tingkat Kota Bukittinggi Berjalan Alot dan Menarik

Bukittinggi, Inmas–Setelah dilaksanakan acara pembukaan, berbagai cabang lomba pada MTQ tingkat Kota Bukittinggi ke-39 langsung di mulai Selasa, 03 Maret 2020 yang lalu. Salah satu lomba yang di laksanakan tersebut ialah cabang lomba Musabaqah Fahmil Qur’an (MFQ) bertempat di Aula Kantor Camat Guguk Panjang.

Musabaqah Fahmil Qur’an (MFQ) adalah jenis lomba pemahaman atau pendalaman Al-Qur’an dengan penekanan pada pengungkapan ilmu Al-Qur’an dan pemahaman kandungan ayat dalam bentuk cerdas cermat.Peserta beregu (dua atau tiga orang) yang salah seorang dari regu sebagai juru bicara. Hal tersebut di sampaikan salah seorang Hakim pada Cabang Lomba MFQ H. Syamsul Bahri ke Inmas di sela-sela perlombaan Rabu, 04 Maret 2020.

“Musabaqah Fahmil Qur’an (MFQ) ini dilakukan dengan menampilkan minimal tiga regu, dengan sistem gugur dalam babak penyisihan, semi final, dan final,” tuturnya.

H. Gazali di dampingi Hj. Misra Elfi selaku panitia sekaligus pengurus LPTQ menyampaikan secara rinci bahwa pelaksanaan lomba tersebut diawali dengan pendaftaran regu dan penentuan urutan tampil di lanjutkan dengan penentuan materi.

“Setiap regu memperoleh soal regu sebanyak 10 soal dengan cara mengambil amplop soal yang telah disediakan. Selain itu dalam setiap penampilan diberikan soal lontaran sebanyak 10 soal yang diperebutkan oleh setiap regu yang tampil.Penampilan
Posisi meja regu ditentukan 30 menit sebelum lomba dimulai Lamanya, lama penampilan tidak dihitung dengan waktu, melainkan dengan berakhirnya pertanyaan lontaran terakhir,” tuturnya

Peserta yang tampil pada babak semi final adalah peserta yang memperoleh nilai tertinggi pada babak penyisihan yang pengaturannya disesuaikan dengan jumlah peserta. Peserta yang tampil pada babak final adalah peserta yang memperoleh nilai tertinggi pada babak semi final. Katanya lagi.

Menurut pantauan di lapangan perlombaan pada cabang Musabaqah Fahmil Qur’an (MFQ) sangat menarik. Masing-masing regu utusan kecamatan berusaha menampilkan penampilan terbaiknya. (Syafrial)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *