Ka. Kankemenag Bertindak Sebagai Inspektur Upacara Peringatan Hari guru Ke-74 di MTsN 1 Bukittinggi

Bukittinggi, Inmas–Kepala Kantor Kementerian Agama Kaota Bukittinggi H. Abrar Munanda, bertindak sebagai inspektur upacara, Senin (22/11/2019) di MTsN 1 Bukittinggi dalam rangka peringatan Hari Guru Nasional ke 74 tahun 2019. Upacara istimewa tersebut diikuti seluruh keluarga besar MTsN 1 Bukittinggi.


Makna guru banyak memiliki interpretasi. Ada yang mengatakan bahwa guru hanya sebatas pada pendidik yang ada di sekolah. Guru juga bisa diartikan kepada orang tua yang telah mendidik anak-anaknya. Lebih luas lagi, Sahabat Rasulullah SAW Ali r.a pernah mengatakan bahwa seseorang disebut guru manakala mengajarkan sesuatu kepada sesamanya, walaupun hanya mengajarkan satu huruf. Sehingga istilah guru memang identik dengan orang-orang yang telah membuat kehidupan manusia menjadi lebih baik. “Guru adalah sang pencerah, melalui pengabdiannya akan lahir generasi yang akan mencerahkan masa depan bangsa,” tutur Ka. Kankemenag kota Bukittinggi ini.


Sejarah panjang tentang dedikasi guru (dalam pengertian formal di suatu lembaga pendidikan) telah menghiasi enkslopedia sejarah suatu bangsa. Karena bangsa yang besar adalah bangsa yang memiliki kualitas pendidikan yang baik. Sedangkan untuk menciptakan kualitas pendidikan yang baik tak akan pernah terwujud tanpa dukungan guru yang baik dalam segala hal, mulai dari moral sampai pada kemampuan pedagogi yang handal. Sehingga untuk menjadikan Indonesia bangsa yang besar, maka harus dilakukan dengan meningkatkan kualitas pendidikan melalui sumber daya manusia (SDM) atau guru-guru yang bermutu.


“Melalui moment Hari Guru Nasional ke-74 ini kami mengajak para guru untuk menjadi pendidik dan menjadi tauladan bagi peserta didik dengan niat lebih baik daripada niat yang hanya untuk memenuhi kewajiban mengajar. Istilah lainnya ialah “transfer of knowledge”, dalam arti bahwa guru berfokus memberikan ilmu yang ia fahami kepada peserta didik akan tetapi lebih dari pada itu yaitu ketauladanan.Banggalah dengan profesi sebagai pendidik,” tutupnya.


Sementara itu Hj. Eva Angaraini Kepala MTsN 1 Bukittinggi mengucapkan terima kasih atas kehadiran Kakankemenag Kota Bukittinggi pada peringatan hari Guru ke-74 di MTsN 1 Bukittinggi. “Mudah-mudahan amanat dan motivasi yang disampaikan bapak Kakan kemenag Kota bukittinggi ini bisa menambah motivasi para guru untuk menuju lebih baik lagi, sebagimana cita-cita Madrasah Hebat Bermartabat. Selamat Hari Guru bagi seluruh guru di Indonesia. Happy Teachers Day.Semoga kita semua adalah sosok guru yang bisa jadi teladan dan menginspirasi terutama untuk siswa kita.Aamiin,” tuturnya.


Selesai pelaksanaan upacara Ka. Kankemenag H. Abrar Munada didampingi Kepala Madrasah berbaur dengan para guru dan siswa merayakan peringatan hari guru ke-74. (Syafrial)


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *